Senin, Maret 1, 2021
Beranda Sandiaga Soroti Tingginya Angka Pengangguran Kota Malang
Array

Sandiaga Soroti Tingginya Angka Pengangguran Kota Malang

Malang, Faktapers.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno menyoroti tingginya angka pengangguran terbuka di Kota Malang yang mencapai 7,22 persen dari total penduduk, dan menjadi pekerjaan rumah besar yang harus segera dibenahi.

Ia mengatakan, tingkat pengangguran terbuka yang cukup tinggi di Malang tersebut mayoritas diisi oleh anak-anak muda, yang seharusnya menjadi motor penggerak perekonomian.

“Ini merupakan pekerjaan rumah besar untuk kami. Harus dihadirkan geliat ekonomi dan pelatihan pendampingan supaya anak-anak muda yang masuk dalam kategori menganggur ini mendapatkan solusi,” katanya di Malang, Jumat.

Pemerintah Kota Malang menyatakan bahwa angka pengangguran terbuka di Malang merupakan yang tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut disebabkan banyaknya lulusan universitas maupun perguruan tinggi memilih tinggal di Malang, ketimbang kembali ke daerah asalnya.

Beberapa hal yang mendasari para mahasiswa tersebut untuk tetap tinggal di Malang, antara lain adalah untuk melanjutkan ke jenjang perguruan yang lebih tinggi, mencari pekerjaan, atau memutuskan untuk menikah dan tinggal di Malang.

Sandiaga menambahka, salah satu potensi dari sektor ekonomi yang bisa dikembangkan untuk mengurangi jumlah pengangguran terbuka di Malang tersebut adalah, dengan memberikan pembinaan untuk melahirkan wirausaha-wirausaha baru.

“Jika dikelola dengan baik maka usaha mikro kecil menengah bisa menjadi potensi luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Malang tengah berupaya untuk menurunkan angka pengangguran terbuka melalui pengembangan sektor ekonomi kreatif yang dinilai memiliki peluang besar dalam menyerap tenaga kerja khususnya dalam usia produktif.

Pemerintah Kota Malang menyatakan telah menyiapkan langkah strategis untuk memperkuat dengan memberdayakan, memanfaatkan, dan mengoptimalkan lulusan perguruan tinggi tersebut sebagai pilar ekonomi kreatif Kota Malang.

Malang sendiri telah memiliki wadah dalam Malang Creative Fusion.fp01

Most Popular

Recent Comments