Senin, Maret 8, 2021
Beranda Si Jago Merah Mengamuk, Ratusan Warga Australia Utara Terpaksa Meninggalkan Rumah
Array

Si Jago Merah Mengamuk, Ratusan Warga Australia Utara Terpaksa Meninggalkan Rumah

Sydney, Faktapers.id – Ratusan warga di dekat Kota Praja Agnes Water di Australia telah dipaksa meninggalkan rumah mereka sebab kebakaran hutan yang tak terkendali melahap banyak wilayah Negara Bagian Queensland pada Senin (26/11).

Dua rumah satu gudang perahu telah musnah dilahap si jago merah dan pemerintah mengatakan beberapa harta lagi masih menghadapi ancaman.

“Angin kencang dan udara kering di Central Queensland, terutama di Deepwater dan Baffle Creek, telah membuat kebakaran ini bergerak dengan cepat dan awak pemadam bekerja sangat keras untuk mengendalikan keadaan secepatnya,” kata Komisaris Queensland Fire and Emergency Services (QFES) Katarina Carroll di dalam satu pernyataan.

“Sudah ada kegiatan api besar di seluruh negara bagian dan … saya mengerti bahwa ancaman kebakaran akan meningkat di seluruh negara bagian,” kata Carroll, sebagaimana dikutip Xinhua, Senin (26/11) siang.

Dengan temperatur di atas 35 Derajat Celsius di beberapa daerah dan udara lebih panas diramalkan sepanjang sisa pekan ini, Carroll mengatakan, “Saya tak bisa cukup menekankan seberapa penting buat warga di daerah yang terancam untuk tetap diberitahu dan mengikuti instruksi yang dikeluarkan oleh dinas darurat, termasuk untuk mengungsi.” Secara keseluruhan, QFES menanggapi sebanyak 240 titik kebakaran hutan selama akhir pekan lalu, sementara api telah melahap 11.000 hektare lahan.

“Kami menyaksikan kondisi udara yang tak pernah terjadi sebelumnya, dengan kondisi sangat kering, kelembaban rendah dan temperatur sangat tinggi,” kata Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk.

“Dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada petugas pemadam serta Dinas Darurat dan Kebakaran Queensland, yang berada di garis depan dalam memerangi kebakaran dan menjaga keselamatan Queensland,” katanya.fp01

Most Popular

Recent Comments