Kamis, Februari 25, 2021
Beranda Tarif MRT Diharapkan Tidak Lebih dari 10.000 Rupiah
Array

Tarif MRT Diharapkan Tidak Lebih dari 10.000 Rupiah

Jakarta, Faktapers.id – Warga DKI Jakarta mengharapkan tarif tiket moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) yang diperkirakan akan rampung pada Maret 2019 itu berkisar Rp5.000-Rp10.000 per orang.

“Saya menginginkan tarif untuk MRT ini agar tidak mahal sehingga masih dapat dijangkau oleh semua kalangan. Untuk nominalnya kisaran Rp5.000-Rp10.000 mungkin cocok karena transportasi ini untuk masyarakat umum juga kan,” Ujar salah satu warga DKI Jakarta Asmui, Rabu.

Asmui juga mengharapkan proyek MRT bisa lebih cepat selesai agar segera beroperasi untuk membantu kelancaran lalu lintas dan mempermudah transportasi di Jakarta.

Lain halnya, Seorang warga dari Ambon – Maluku, Piter meminta agar harga tiket MRT nantinya dapat dijangkau semua kalangan antara Rp4.000-Rp7.000 per orang.

“Untuk harga tiket MRT ketika sudah beroperasi nantinya saya mengharapkan agar murah dan tidak berbeda jauh dengan transportasi lain kisaran Rp4.000-Rp7.000/orang dengan sasaran agar masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi umum dibanding dengan menggunakan kendaraan pribadi agar memperlancar lalu lintas juga,” ujar piter.

Menurutnya, ini merupakan langkah bagus dari Pemprov DKI Jakarta dari segi transportasi, karena dengan adanya proyek pembangunan MRT ini merupakan salah satu alternatif juga bagi pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi kemacetan.

Selama ini, warga di Jakarta bisa naik Commuter Line dengan tarif Rp3.500/orang, bus Transjakarta (Rp3.500/orang), Kopaja dan Metro mini (Rp4.000/orang), namun untuk tarif tiket MRT belum ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Karena itu, tarif beberapa jenis transportasi umum yang telah dijelaskan sebelumnya bisa menjadi acuan untuk penentuan tarif tiket MRT nantinya.

Sementara itu, warga DKI Jakarta lainnya, Burhan menuturkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) juga harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan sebelum MRT beroperasi agar masyarakat yang tidak khawatir dengan keselamatan pengguna.

“Dalam proyek pembangunan MRT ini disisi lain pemerintah dan BPTJ juga harus memperhatikan dan memastikan tingkat keamanan dan kenyamanan transportasi ini, agar masyarakat terutama yang menggunakan kendaraan umum tidak khawatir,” Ujar Burhan.fp01

Most Popular

Recent Comments