Minggu, Februari 28, 2021
Beranda Untuk Menjaga Produktivitas Kopi, Dinas Pertanian Aceh Bentuk Tim Brigade Pemangkas Kopi
Array

Untuk Menjaga Produktivitas Kopi, Dinas Pertanian Aceh Bentuk Tim Brigade Pemangkas Kopi

Banda Aceh, Faktapers.id – Kabupaten Aceh Tengah memiliki tim brigade pemangkas tanaman kopi arabika di enam kecamatan agar tumbuh subur dan produktivitasnya tinggi.

“Brigade pemangkasan kopi yang awalnya digagas pada Juni di Kecamatan Bies, kini sudah ada di enam dari total 14 kecamatan,,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Juanda, Kamis (15/11) di Banda Aceh.

Ia menjelaskan pemangkasan tanaman kopi memiliki peranan penting untuk meningkatkan produktivitas dan menjadikan tanaman tersebut tumbuh subur dan produktif.

“Pemangkasan ini juga bagian untuk membantu pencegahan hama penyakit yang dapat menyerang tanaman kopi,” katanya.

Ada pun kecamatan yang telah terbentuk brigade pemangkas tanaman kopi itu masing-masing Kecamatan Bies, Atu Lintang, Jagong Jeget, Kute Panang, Pegasing, Bintang.

“Kami menargetkan seluruh kecamatan akan terbentuk brigade pemangkas tanaman kopi, sebab saat ini semua tim yang telah terbentuk tersebut sangat diminati oleh petani kopi,” katanya.

Ia menyebutkan Kabupaten Aceh Tengah miliki lahan kopi seluas 46 ribu hektare yang terdiri dari sekitar lima ribu hektare tanaman tua dan 41 ribu hektare lainnya merupakan tanaman produktif.

Ada pun produksi kopi di Kabupaten Aceh Tengah yang merupakan salah satu produsen kopi arabica terbaik tersebut pada tahun sebelumnya sekitar 744 kilogram per hektare.

Pihaknya meyakini dengan kegiatan pemangkasan yang dilakukan tersebut upaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di Dataran Tinggi Gayo tersebut dapat terwujud di masa mendatang.fp01

Most Popular

Recent Comments