Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Ahmad Dhani Didampingi Fadli Zon di Pengadilan Negeri
Array

Ahmad Dhani Didampingi Fadli Zon di Pengadilan Negeri

Jakarta, faktapers.id – Terdakwa kasus ujaran kebencian, Ahmad Dhani, sudah mempersiapkan nota pembelaan atau pledoi yang akan dibacakannya di depan majelis hakim. Ahmad Dhani mempersiapkan pledoi sejak berapa waktu lalu.

Politisi Partai Gerindra dan juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendampingi musisi Ahmad Dhani menghadiri sidang dugaan ujaran kebencian dengan agenda pembacaan pledoi (nota pembelaan) pribadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin.

Ahmad Dhani dan Fadli Zon tampak memasuki PN Jakarta Selatan pada pukul 17.05 WIB, Senin, dengan mengenakan atasan bernuansa putih. Ahmad Dhani, seperti sidang sebelumnya, pun terlihat konsisten mengenakan blangkon.

Saat ditanya soal kedatangannya, Fadli Zon menjelaskan, kehadirannya merupakan bentuk dukungan terhadap Ahmad Dhani yang saat ini menjadi kader Partai Gerindra.

Sebenarnya saya waktu itu dijadwalkan sebagai saksi, tetapi waktunya tidak pas, saya tidak hadir karena ada tugas dinas, kata Fadli Zon saat ditemui sebelum sidang di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (17/12).

Ia mengatakan, sidang ujaran kebencian yang sedang dihadapi Ahmad Dhani merupakan upaya mengadili akal sehat .

“(Buat saya, pengadilan) ini mengancam demokrasi, ini serius, sebut Fadli.

Jaksa sebelumnya menuntut Ahmad Dhani dipidana penjara dua tahun karena dianggap melanggar Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) tentang Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU No.11/2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pentolan Dewa 19 membuat pledoi secara tertulis. Ahmad Dhani akan membacakan pledoi siang ini, Senin, 10 Desember 2018, di hadapan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. “Tertulis. Saya akan bacakan judulnya Ahmad Dhani Menggugat,” ujar Ahmad Dhani.

Dalam persidangan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Ahmad Dhani dengan hukuman 2 tahun penjara karena dianggap bersalah secara sah dan meyakinkan terkait kasus ujaran kebencian.

Namun dalam pledoi yang disampaikan via penasihat hukumnya, Ahmad Dhani menyebut jaksa tidak dapat membuktikan dasar tuntutannya.

Tim kuasa hukum Ahmad Dhani dalam sidang Senin pekan lalu (10/12) mengatakan, jaksa tidak dapat menyebut subjek hukum yang dirugikan oleh cuitan Ahmad Dhani. Dari pledoi itu, Ahmad Dhani pun meminta majelis hakim menyatakan dirinya tidak bersalah dan bebas dari seluruh tuntutan. rwd

Most Popular

Recent Comments