Jumat, Juni 25, 2021
BerandaAkhir Penutup Tahun Nilai Tukar Rupiah Melemah
Array

Akhir Penutup Tahun Nilai Tukar Rupiah Melemah

Jakarta, faktapers.id – Nilai tukar rupiah di pasar spot berakhir melemah 7 poin atau 0,05% ke level Rp14.568 per dolar AS pada penutupan perdagangan pasar spot akhir tahun ini, Jumat (28/12).

Sepanjang tahun 2018 hingga akhir perdagangan hari ini, rupiah telah melemah hingga 7,8%.
Untuk menjaga stabilitas pergerakan rupiah terhadap dolar AS, Bank Indonesia telah menerapkan intervensi DNDF melalui sejumlah broker.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia, Nanang Hendarsah menerangkan dalam lelang atau intervensi DNDF, Bank Indonesia tidak menggunakan cadangan devisa, melainkan dalam rupiah tergantung dari hasil fixing dua hari sebelum kontrak DNDF jatuh waktu.

Ke depannya, lelang DNDF akan dilakukan secara reguler setiap hari pukul 08.30 WIB, dan dapat dibuka sesi sore pukul 15.45 WIB. Antara jeda waktu kedua lelang pagi dan sore, Bank Indonesia dapat melakukan intervensi DNDF.

“Lelang dan intervensi tersebut selain untuk menjaga stabilitas rupiah, juga untuk membuat pasar DNDF menjadi lebih berkembang dan likuid,” papar Nanang.

Sementara dari luar negeri, tinggal menunggu kepastian kebijakan suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve dan kondisi perekonomian global ke depan. Tak ketinggalan, juga bergantung pada perkembangan harga minyak mentah dunia.

“Saat ini harga minyak sudah turun sekitar 41 persen sepanjang kuartal terakhir, ini cukup besar. Ini akan mempengaruhi perlambatan ekonomi karena demand berkurang dan menekan harga,” pungkasnya. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments