Rabu, Juni 23, 2021
BerandaBerstatus Siaga Gunung Anak Krakatau Naik Level 3
Array

Berstatus Siaga Gunung Anak Krakatau Naik Level 3

Jakarta, faktapers.id – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM menyatakan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, naik level III atau berstatus siaga.

Gunung api dengan ketinggian 338 meter dari permukaan laut ini berstatus siaga setelah terpantau dari pos pengamatan periode Kamis (27/12) pukul 00.00 hingga 06.00 WIB.

Laporan Staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Windi Cahya Untung seperti dikutip dalam situs PVMBG, cuaca mendung dan hujan di Gunung Anak Krakatau.

Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Suhu udara 24-26 celsius dan kelembaban udara 91-96 persen. Volume curah hujan tidak tercatat.

Kabut gunung 0-III, asap kawah tidak teramati. Terdengar suara dentuman di pos PGA. Kegempaan Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 8-32 mm (dominan 25 mm).

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Pos Pantau GAK, Andi Suwardi saat dihubungi “Status GAK siaga dari radius 2 KM menjadi siaga 5 KM jarak aman. Untuk itu diimbau kepada masyarakat secara umum agar menjauh dari jarak aman yaitu 5 KM dari GAK yang sebelumnya 2 KM,” ujarnya. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments