Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Dapat Ajukan Tambahan Modal dan Pinjaman, Pengusaha UKM Diimbau Segera Buat IUMK
Array

Dapat Ajukan Tambahan Modal dan Pinjaman, Pengusaha UKM Diimbau Segera Buat IUMK

Jakarta, faktapers.id – Keberadaaan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) membawa angin segar bagi para pelaku atau pengusaha usaha kecil menengah (UKM) di DKI Jakarta. Rabu (05/12/18).

Pasalnya dengan memiliki IUMK tersebut, nantinya para pelaku UKM dapat dengan mudah mengajukan permodalan atau pinjaman ke Bank DKI.

Maka dari itu, Kepala PTSP Kota Administrasi Jakarta Barat Johan Girsang pun ikut mengimbau kepada pelaku UKM agar segera mengurus IUMK ke Pelayanan Terpada Satu Pintu baik yang ada di kelurahan, kecamatan, kantor wali kota, maupun pelayanan goes to mall, goes to market, dan goes to hopital.

Johan mengatakan, banyak sekali manfaatnya untuk masyarakat, bila mengantongi IUMK. 

“Manfaat IUMK itu yang pasti mereka memiliki identitas usahanya. Identitas usahanya dalam arti begini, segala sesuatu dia memiliki identitas kemudian dia bisa mendapatkan penambahan modal atau kredit dari Bank DKI, Bank DKI ya saya tidak mengatakan bank yang lain,” tutur Johan, Rabu (05/12/18).

Kenapa di Bank DKI? Johan pun menjelaskan, karena Bank DKI sudah mempercayai izin yang diterbitkan oleh PTSP.

“Karena sepanjang ada surat keluar atau rekomendasi atau izin yang diterbitkan oleh PTSP pasti Bank DKI itu sudah dianggap divalidasi oleh PTSP dan yakin itu pasti sudah valid datanya,” ujar Johan.

Setelah mengantongi IUMK, para pelaku UKM nantinya juga dapat dengan mudah mendapatkan pembinaan usaha dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Selain dari pada identitas perusahaan itu, pemerintah daerah juga gampang melakukan pembinaan kepada pengusaha supaya bagaimana meningkatkan usahanya. Sehingga layak memang untuk maju lebih besar lagi perusahaannya,” ucap Johan.

Meski begitu, Johan menghimbau, kepada para pelaku UKM agar melihat lokasi tempat usahanya terlebih dahulu sebelum mengajukan perizinan.

Sebab, lanjut Johan, tempat usaha yang berdiri di zona hijau dan di atas trotoar pasti akan ditolak pengajuan perizinannya oleh PTSP

“Yang pasti izin yang di trotoar itu sudah salah, melanggar Perda jadi itu memang tidak boleh. Kemudian zonasi, kalau zonasi taman juga enggak kita berikan (izin), zonasi kaki lima juga tidak kita berikan. Paling tidak izinnya yang kami terbitkan yang (lokasinya) layak dijadikan usaha,” jelas Johan. fp02

Most Popular

Recent Comments