Kamis, Juni 17, 2021
BerandaDishub Kubar Imbau Pemilik Armada Agar Patuhi Aturan Keselamatan
Array

Dishub Kubar Imbau Pemilik Armada Agar Patuhi Aturan Keselamatan

Kutai Barat, faktapers.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengakui bahwa saat ini arus mudik dari dan ke Kabupaten Kubar mengalami peningkatan mencapai 150 persen jika dibanding pada hari biasa.

Dishub Kubar menyatakan kesiapan unit armada angkutan umum transportasi (darat, sungai, udara) dari dan ke Kubar menjelang Natal 2018 dan menyambut tahun baru 2019 telah siaga dan dipersiapkan, serta kondisi kamtibmas aman dan lancar.

“Terlihat peningkatan penumpang sejak H-10 menjelang perayaan Natal pada 25 Desember lusa.

Terutama di Bandara Melalan Sendawar dan juga di pelabuhan Sungai Mahakam di Kecamatan Melak dan Tering. Begitu juga untuk transportasi darat dari Kubar ke Samarinda dan Tenggarong saat ini cukup padat,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kubar, Rakhmat kepada Harian Fakta dan faktapers.id, Minggu (23/12) di Sendawar.

Meski telah terjadi kepadatan penumpang di bandara, pelabuhan dan juga terminal darat, Rakhmat mengungkapkan pihaknya belum melakukan penambahan armada transportasi.

Menurutnya, Dishub Kubar memang telah mengantisipasi unit armada angkutan umum darat dan sungai di Kubar bagi masyarakat yang merayakan Natal 2018 dan menyambut tahun baru 2019.

“Tinjauan langsung kami kelapangan selama beberapa hari terakhir, unit armada angkutan masih cukup dan belum perlu ditambah. Jika lonjakan penumpang terlalu full, barulah ditambah armadanya. Sedangkan untuk armada penerbangan di Bandara Melalan, kami mengikuti jadwal semula sesuai dengan jumlah armada yang tersedia.”

Lebih jauh Rakhmat menuturkan, pihaknya mengimbau agar para pemilik armada angkutan mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan RI.
Yakni armada angkutan wajib memiliki izin operasi dan lainnya, serta unit armada angkutan umum harus dilengkapi dengan alat keselamatan bagi penumpang.

“Terutama kepada pemilik armada angkutan umum di Pelabuhan Tering tujuan Mahulu, Melak, serta sejumlah pelabuhan angkutan sungai dan danau di Kubar. Agar mematuhi aturan yang telah diedarkan oleh Dishub Kubar. 

Perahu angkutan umum (kapal motor, speedboat, longboat) wajib ada pelampung keselamatan penumpang, serta seluruh perlengkapan safety,” urainya.
“Begitu pula armada angkutan umum darat. Wajib melengkapi armadanya dengan alat safety bagi penumpang. Terhadap para pengemudi, motoris, agar tidak mengendarai ketika dalam kondisi mabuk atau tidak sehat jiwa raga,” tandasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments