Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Ditlantas PMJ Buka Layanan SIM D untuk Disabilitas
Array

Ditlantas PMJ Buka Layanan SIM D untuk Disabilitas

Bekasi, faktapers.id – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang berlangsung di halaman parkir Sumarecon Mall Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (3/12/2018), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya turut menyediakan pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) D yang dikhususkan bagi pengendara sepeda motor penyandang cacat (Disabilitas).

Kepala Seksie (Kasie) SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan bahwa Ditlantas Polda Metro Jaya akan selalu berupaya berinovasi dengan cara mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami tak akan berhenti untuk berinovasi dan mendekatkan diri kepada masyarakat, seperti pelaksanaan SIM Komunitas bagi penyandang disabilitas yang hari ini dilaksanakan di Sumarecon Mall Bekasi ini,” ujar Kompol Fahri Siregar ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (3/12/2018).

Fahri mengungkapkan jika semua persyaratan dan tahapan tatacara pengajuan SIM D (baru dan perpanjangan) sama persis seperti di kantor SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. Meski mendapatkan perlakukan khusus pemohon (SIM D) wajib mengikuti ujian teori dan praktik.

“Untuk mendapatkan SIM D pemohon harus lengkapi persyaratan administrasi nya dulu, ikut ujian baik teori maupun praktik. Untuk medan ujian praktiknya kami buat sedemikian rupa sesuai dengan standar,” ulas Fahri.

Fahri membeberkan, pemohon Disabilitas yang telah mendapatkan SIM D baru ada sekitar 53 lembar, sedangkan 1 lembar merupakan perpanjangan.

“Hingga pukul 13.12 WIB, 53 pemohon SIM D baru dan 1 perpanjangan,” bebernya.

Fahri sangat mengapresiasi penyandang cacat yang mengurus SIM D tersebut, karena hal ini merupakan bentuk kepatuhan serta mendukung gerakan tertib berlalu lintas.

“Saya harap kepada seluruh penyandang cacat tubuh (disabilitas) untuk mengurus SIM D. Hal ini sebagai bentuk kepatuhan dan mendukung gerakan tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Gufroni Sakaril turut hadir dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang dilaksanakan di halaman parkir Sumarecon Mall Bekasi tersebut.

Peringatan HDI tahun 2018 ini mengusung tema “Empowering Persons With Disabilities and ensuring inclusiveness and equality” yang di Indonesia diterjemahkan dalam tema nasional “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”.

Dalam kegiatan ini diikuti lebih dari 70 tenant yang berisi produk disabilitas, dan layanan dari instasi untuk disabilitas termasuk pelayanan SIM D dari Ditlantas Polda Metro Jaya. fp01

Most Popular

Recent Comments