Jumat, Juni 25, 2021
BerandaDokumen Dan Saksi Belum Lengkap, Sidang Siti Aisyah Diundur
Array

Dokumen Dan Saksi Belum Lengkap, Sidang Siti Aisyah Diundur

Jakarta, faktapers.id – Pengadilan Malaysia mengundur sidang Siti Aisyah atas permintaan pengacaranya karena masih mengumpulkan keterangan saksi terkait kasus pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, yang menjerat warga negara Indonesia itu.

Siti Aisyah dan Doan Thi Huong dari Vietnam diadili selama lebih dari setahun. Keduanya dituduh membunuh Kim Jong Nam dengan mengoleskan agen saraf VX di wajahnya di bandara Kuala Lumpur.

Pembunuhan pada Februari tahun lalu mengejutkan dunia tetapi para wanita telah membantah melakukan pembunuhan. Mereka saat itu meyakini tengah mengambil bagian dalam lelucon dan ditipu oleh agen Korea Utara.

Tahap persidangan Aisyah awalnya dimulai pada November tetapi ditunda ke Januari setelah pengacara utamanya jatuh sakit.

Pada Selasa 18 Desember persidangan dihentikan sementara ketika Pengadilan Tinggi menolak memberikan akses kepada para pengacara untuk beberapa pernyataan saksi dan mereka memutuskan untuk mengajukan banding.

Menurut Gooi, semua dokumen itu harus terkumpul terlebih dulu karena sangat penting bagi kasus ini mengingat lima saksi lainnya menghilang.

“Pernyataan saksi itu ‘penting’ bagi pembelaan dan kami akan mengajukan banding atas putusan,” ujar pengacara Siti Aisyah, Gooi Soon Seng.

Dengan adanya banding, diperkirakan proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. “Tanpa (pernyataan) akan ada ketidakadilan yang nyata. Itu akan membahayakan kasus kami,” imbuh Gooi kepada wartawan di pengadilan di Shah Alam, Kuala Lumpur.

Sebelumnya ada tujuh pernyataan berasal dari saksi termasuk orang-orang yang menjadi sopir bagi Kim Jong-Nam di sekitar Malaysia dan kenalan Aisyah. Jaksa menolak untuk menyerahkan mereka, dengan alasan mereka tidak boleh dipublikasikan.

Selanjutnya, pada 21 Desember mendatang, pengadilan baru akan menetapkan kasus Doan akan dilanjutkan atau menunggu sidang Siti berlangsung. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments