Minggu, Juni 13, 2021
BerandaGempa 5,4 SR Ternate, Lift Jatuh dan Mencelakai Tiga Pengunjung Mall
Array

Gempa 5,4 SR Ternate, Lift Jatuh dan Mencelakai Tiga Pengunjung Mall

Ternate, faktapers.id – Gempa 5.4 Skala Richter mengguncang Kota Ternate dan sekitarnya, Selasa (25/12) sore. Akibat gempa tersebut, lift di sebuah pusat perbelanjaan jatuh dan mencelakai tiga pengunjung mall.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG Ternate mencatat gempa terjadi pada pukul 16.18 Waktu Indonesia Timur. Pusat gempa terletak di 113 kilometer Barat Laut Ternate pada kedalaman 10 kilometer.

“Secara geografis lebih dekat ke Kecamatan Pulau Batang Dua, Kota Ternate,” ungkap Pengamat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Ternate Hermizal.

Hermizal mengatakan guncangan gempa terasa di sebagian besar wilayah Maluku Utara. Namun yang paling terasa adalah Ternate, Tidore, Sofifi, Jailolo (Halmahera Barat), Weda (Halmahera Tengah), dan Bacan (Halmahera Selatan).

“Pada 10 menit pertama sistem kami secara otomatis mendeteksi kekuatan gempa 5.4 SR. Namun setelah beberapa menit kemudian setelah semua data terkumpul dari stasiun maka kami melakukan pemutakhiran data menjadi 5.3 SR,” terangnya.

Di Batang Dua sendiri tidak terjadi kerusakan yang berarti, meski BMKG mengakui guncangannya lebih terasa. BMKG juga memastikan lindu tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Gempa tidak berpotensi tsunami meski terjadi di daerah sesar naik namun energinya tidak mampu mengubah formasi batuan dasar laut,” papar Hermizal.

Berbeda dengan Batang Dua, sebuah lift di pusat perbelanjaan Muara Mall ambruk akibat guncangan gempa. Lift tersebut ambruk dari lantai 3 hingga tempat parkir di basement mall. Akibatnya, tiga pengunjung yang berada di dalam lift mengalami cedera di kaki dan harus mendapat perawatan medis di RSUD Chasan Boesoirie.

“Kebetulan kami ikut kegiatan di lantai 3 muara mall, dan selesai itu kami beranjak pulang naik lift ada sekitar 9 orang termasuk satu anak, lift itu tiba-tiba jatuh sangat keras sampai ke dasar di basement,” kata Zauzia, salah satu korban saat ditemui di RS.

Pihak BMKG mengatakan, kemungkinan besar guncangan gempa dapat menyebabkan ambruknya lift. Hal ini bisa terjadi jika struktur bangunan sudah tergolong tua. Muara Mall sendiri baru dibangun pada 2007 lalu.

“Kemungkinan struktur bangunan yang sudah tua, sehingga ada sedikit guncangan saja sudah terjadi ambruk,” pungkasnya.fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments