Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Ibukota Direncanakan Pindah, Legislator PDIP Muhibah ke Myanmar
Array

Ibukota Direncanakan Pindah, Legislator PDIP Muhibah ke Myanmar

Jakarta, faktapers.id – Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto menilai, wacana pemindahan Ibukota RI untuk pemerataan pembangunan.

Sebagai study perbandingan terhadap hal tersebut, legislator PDIP itu pun muhibah ke Negara Republik Persatuan Myanmar.

Guna mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan politik luar negeri melalui diplomasi parlemen, dan menggali informasi terkait dengan latar belakang, perencanaan, dan pelaksanaan perpindahan ibu kota Yangon ke Naypyitaw, Rabu (5/12), Utut melakukan kunjungan kerja muhibah ke Republik Myanmar.

“Sebenarnya pemindahan ibu kota bukan hal baru di dunia ini. Beberapa negara malah sudah melakukannya dan boleh dibilang berhasil dengan tumbuhnya perekonomian,” sebutnya dalam rilis yang diterima wartawan, Kamis (6/12).

Jelas Utut, ramainya pembicaraan soal wacana perpindahan ibu kota Rl dari Jakarta ke suatu tempat di luar pulau jawa bertujuan pemerataan pembangunan.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasonal (Bappenas), Bambang Brodjonegoro menyatakan, dirinya sudah berbicara dengan presiden soal wacana lbukota baru tersebut.

Direncanakan akan dibangun di lahan yang masih sangat luas dan sepi. Hingga kini, wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta masih terus dilakukan pengkajian.

“Ditinjau dari berbagai aspek, Jakarta saat ini menjadi pusat kota dari berbagai sisi baik sebagai pusat pemerintahan, bisnis, maupun yang lain. Hal itu menjadikan Jakarta menjadi kota yang sangat sibuk, dan bisa jadi menjadi kota yang mahal dan kurang efisien dari sisi ekonomi,” paparnya.

Tak hanya itu, dalam rilis tetsebut juga dijelasakan, kunjungan kerja muhibah ke Negara Republik Persatuan Myanmar diharapkan mampu menghasilkan kerangka kebijakan pembangunan di Indonesia, dan memperoleh informasi yang terkait dengan Peningkatan pemahaman dan kerjasama antar parlemen.  oss

Most Popular

Recent Comments