Minggu, Februari 28, 2021
Beranda Ingin Istirahat yang Berkualitas? 8 Benda ini Jangan Disimpan di Kamar
Array

Ingin Istirahat yang Berkualitas? 8 Benda ini Jangan Disimpan di Kamar

Jakarta, faktapers.id – Kamar adalah ruangan pribadi yang menjadi tempat kita istirahat. Meskipun kita pengen menghiasnya supaya jadi “kita” banget, tapi jangan lupakan esensinya kalau ruangan ini adalah untuk kita ngecharge baterai badan setelah seharian beraktivitas.

Apalagi kalau kamu lagi kurang tidur akhir-akhir ini, pastikan istirahat kamu yang kurang itu tetap berkualitas.

Nah, sadar tidak kalau beberapa barang di bawah ini bikin tidur kamu jadi kurang nyenyak? Meskipun selera orang berbeda-beda, tapi ada alasannya kenapa kamu sebaiknya tidak menyimpan mereka di kamar. Mau tahu apa saja, ini barang-barangnya;

1. Karpet Tebal

Kalau kamu sering bangun-bangun dengan tenggorokan yang nggak enak, mata gatal atau hidung tersumbat, kemungkinan kamu alergi sama sesuatu dalam kamarmu, dan satu tersangka utama adalah kutu dan debu. Mereka suka tinggal dalam bahan lembut seperti karpet, jadi mereka harus disingkirkan dengan mengganti karpet tebal kamu dengan area rug atau alas yang lebih tipis. Karpet yang nggak tebal artinya allergen kamu lebih sedikit dan nggak ada lagi batuk-batuk di pagi hari.

2. Barang Warna Terang

Kita semua suka kok dengan kamar warna warni seperti yang ada di Pinterest, tapi itu nggak practical kalau kamu gampang kena insomnia. Warna terang memang menarik dan membuat bersemangat, tapi nggak cocok buat ruang istirahat. Jadi, pilih warna biru lembut atau calming earth tones saja ya. Tapi jangan khawatir; cuma karena nuansa kamar kamu serba beige, bukan berarti desainnya jadi monoton. Kamu bisa mengaksesoriskan kamar dengan pernak pernik warna ceria untuk menghighlight sparkling personality kamu.

3. Tirai Tipis

Kita semua suka tirai putih yang transparan dan kesannya adem.. tapi dia nggak cocok buat kamar istirahat kamu. Dalam kamar, darkness is key, artinya semakin tebal tirai itu semakin bagus. Polusi cahaya dari lampu LED cahaya jalanan dan dekat rumah bisa membuat circadian rhytim kamu kacau dan mempengaruhi kesehatan kamu secara keseluruhan. Jadi coba deh tirai gelap yang kayak di hotel-hotel. Sebenarnya kunci kenapa kamar hotel itu nyaman banget ya karena tirai tebal itu lho.

4. Instalasi Seni Nyeleneh

Kalau kamu punya art installation nyentrik dan agak kasih vibes yang emo, mending ditaruh di ruang tamu deh biar teman-teman kamu bisa lihat, karena hal ini nggak cocok dimasukkan di kamar. Pastikan kamarmu adalah haven yang penuh good vibes, atau malah pasah art installation yang tulisannya bilang “good vibes” sekalian. Kamar adalah ruangan yang bikin kamu tenang dan senang saat untuk memulai dan mengakhiri hari. Make it joyful.

5. Smartphone

Handphone kamu itu bikin begadang sampai jam tiga jadi nggak berasa. Jadi, kalau seharian kamu sudah lihat laptop dan handphone, mending masuk kamar coba benar-benar istirahatin mata deh. Kalau kamu tipenya butuh distraksi sebelum tidur, baca paper book sekalian. Karena mata kamu bakal seneng banget deh kalau dia bisa dapat istirahat yang berkualitas setelah capek seharian lihat layar.

6. Posisi Kasur yang Nggak Tepat

Kalau kamu pernah baca sedikit soal feng shui, kamu mungkin sudah tahu kalau kita sebaiknya nggak bisa lihat pintu dari kasur. Tapi apakah kamu juga sudah tahu kalau telapak kaki kamu saat tidur sebaiknya nggak menghadap langsung ke pintu? Karena menurut tradisi Cina, mayat akan dibawa keluar dari kaki duluan, makanya posisi ini disebut coffin position. Segera rubah posisi kasur kamu ya.

7. Hewan Peliharaan

Kita ngerti sih kalau setelah capek beraktivitas, pasti pengen cuddling sama peliharaan kesayangan. Tapi maaf ya, peliharaan kamu yang berbulu ini bisa jadi alasan utama kenapa kamu sering bersin di malam hari. Menurut sebuah studi, 15% orang di dunia ini alergi dengan kucing atau anjing, tapi sering nggak ngaku. Kalau kamu tetap nggak mau mengakui kalau peliharaan kamu penyebabnya, paling nggak coba pakai air purifier deh buat mengurangi damagenya.

8. Pernak Pernik Gengges

Kamu sekarang mungkin mengerti kalau kegiatan beres-beres latau cluttering tuh kurang menyenangkan, tapi sebenarnya apa sih definisi clutter itu? Well, sebenarnyaada rasio cantaloupe, artinya, setiap barang kamu yang lebih kecil dari cantaloupe alias semangka blewah ini, artinya mesti keluar dari kamar. Itu yang mesti kamu lakukan kalau kamu pengen kamar yang lebih tenang, simple, dan bikin istirahat kamu berkualitas. Sebagai gantinya, kamu bisa ganti aksesoris tersebut dengan piece yang lebih dramatis.

9. Televisi

Kita semua tahu kalau layar televisi akan memancarkan blue light yang bisa merusak produksi melatonin dan juga, sleep cycle. Tapi kadang kita juga pasti pengen kan nonton TV di kamar, apalagi kalau lagi merasa pengen malas-malasan. Jadi kita cari jalan tengahnya nih: hilangkan televisi di kamar, tapi coba pakai protable projector kalau kamu lagi pengen nonton film kesayangan kamu.fp01

Most Popular

Recent Comments