Minggu, Maret 7, 2021
Beranda Ini Hasil Final Porprov VI Tingkat Kaltim 2018 di Kabupaten Kutim, Kubar...
Array

Ini Hasil Final Porprov VI Tingkat Kaltim 2018 di Kabupaten Kutim, Kubar Persembahkan 117 Medali

Sangatta, faktapers.id – Hasil final akhir yang diperoleh Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI tingkat Kaltim 2018 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun 2018 ini, berada diperingkat ke-8 dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

Kubar berhasil mendulang total 117 medali, terdiri 26 emas, 31 perak, dan 60 perunggu. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kubar, Untung Surapati, menyebut keberhasilan itu imbang. Karena dari 51 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, hanya 27 cabor yang diikuti Kubar.

“Kubar berada diperingkat ke-8 dengan perolehan total 117 medali. Dari 51 cabor yang dipertandingkan, hanya 50 persen atau 27 cabor yang diikuti kontingen atlet Kubar. KONI Kubar bersyukur dengan perolehan medali pada Porprov VI ini melampaui batas dari perolehan medali pada Porprov V tingkat Kaltim di Kota Samarinda pada 2014 silam,” beber Untung Surapati dalam keterangan pers di Hotel Grand Royal Victoria, Sangatta, Kutim, Rabu (12/12) siang.

Untung Surapati juga menambahkan, secara kualitas perolehan medali kontingen Kubar pada porprov ini jauh melampaui perolehan dibanding pada porprov 2014 lalu. Menururtnya saat ini kontingen atlet Kubar yang berlaga di Porprov VI hanya mengikuti cabor terbatas.

Daftar terakhir perolehan medali 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

“Saya atas nama pribadi dan jajaran KONI Kubar menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus dan atlet serta pelatih dan official cabor. Dalam kontingen ini KONI Kubar diperkuat oleh 395 atlet dan tim official dengan mengikuti laga pada 27 cabor dan berhasil cukup signifikan,” urainya.

Dia juga mengungkapkan bahwa KONI Kubar mengucapkan terima kasih atas doa dan partisipasi masyarakat se-Kubar sejak pemberangkatan hingga akhir laga dalam porprov yang diikuti oleh kontingen Kubar. Sehingga Kontingen atlet Kubar masih berhasil membawa dan mempertahankan nama besar daerah.

“Dengan berakhirnya Porprov VI ini, maka kontingen Kubar segera kembali ke Kubar. KONI Kubar akan segera melakukan evaluasi terhadap cabor yang berhasil atau belum berhasil mendapatkan medali. Kami akan lakukan pembinaan pada sejumlah titik akan diperkuat untuk menghadapi Porprov ke-VII tingkat Kaltim di Kabupaten Berau pada 2019 mendatang.

Terkait dengan reward (bonus) yang telah dijanjikan KONI Kubar kepada para atlet yang berhasil meraih medali pada Porprov VI itu, Untung Surapati tidak menampik. Dia menyebut hal itu akan menjadi support atau motivasi bagi para atlet untuk berkembang semakin baik kedepan.

“KONI Kubar segera berkoordinasi dengan Pemkab Kubar, utamanya kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Terkaikt bonus seperti yang sudah disampaikan, akan didistribusikan melalui pemkab kepada Dispora pada 2019 mendatang untuk dipenuhi kepada para atlet yang telah berhasil,” pungkasnya. iyd

Most Popular

Recent Comments