Rabu, Juni 23, 2021
BerandaJKN-KIS, Program dengan Manfaat yang Hebat akan Menolong Banyak Orang
Array

JKN-KIS, Program dengan Manfaat yang Hebat akan Menolong Banyak Orang

Jakarta Barat, faktapers.id – Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bukan merupakan hal yang asing bagi Elvis Nailis. Banyak cerita yang Elvis dengar mengenai program tersebut dan cerita negative lebih mendominasi daripada cerita positif. Sehingga, Elvis urung untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya pada Program JKN-KIS.

“Saya sudah sering dirawat di rumah sakit sebelumnya dan saya membayar secara umum dengan biaya yang sangat fantastis. Saya mengira bahwa tidak mungkin Program JKN-KIS akan membayar tagihan rumah sakit bagi para pesertanya yang dirawat inap,” demikian anggapan Elvis mengenai Program JKN-KIS pada awalnya.

“Sebelum mendaftarkan diri saya dan keluarga, saya yakin bahwa
BPJS Kesehatan tidak akan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.
Saya baru menyadari hebatnya program ini ketika Saya mengalami sendiri
Pelayanan kesehatan yang sangat terjangkau dan tidak memberatkan pasien.
Program yang hebat dengan manfaat yang hebat akan menolong banyak orang”

Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu Elvis yang menderita diabetes mellitus harus sering melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Elvis harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk pengobatan yang dijalananinya selama ini. Kemudian, adik dan dokter tempatnya berobat jalan memberikan saran agar Elvis mendaftarkan dirinya dan keluarganya pada Program JKN-KIS.

Ternyata, benar beberapa hari kemudian anaknya mengalami sakit usus buntu dan harus menginap di rumah sakit. Pada saat itu Elvis sempat tidak percaya bahwa anaknya yang dirawat tersebut tidak dikenai biaya oleh rumah sakit sama sekali.

“Sejak saat itu saya memberanikan diri saya untuk berobat jalan di rumah sakit menggunakan program ini dan memang gratis. Kemudian pada saat dokter menyarankan saya untuk segera melakukan operasi dan dirawat di rumah sakit, saya dengan mantap menggunakan program ini” lanjut Elvis.

Selama sepuluh hari sejak tanggal 14 Maret 2018 sampai tanggal 24 Maret 2018 di Rumah Sakit Pelni. Elvis dan keluarganya terdaftar pada kelas rawat tiga.

“Pihak Rumah Sakit Pelni memberikan penjelasan kepada kami mengenai harga untuk rawat inap kelas satu dan informasi mengenai iur biaya yang akan dikenakan kepada kami. Karena melihat harganya yang tidak begitu banyak, maka saya memberanikan diri untuk naik kelas ke kelas satu,” kata Elvis.

Elvis menyatakan bahwa selama sepuluh hari menjalani perawatan di Rumah Sakit Pelni, Elvis mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan pihak rumah sakit juga tidak membeda-bedakan pasien baik merupakan pasien umum maupun pasien dari Program JKN-KIS.

“Saya bahkan merasa seperti dirawat di VIP karena satu kamar hanya berdua dan sering kosong di kamar sebelah saya”, kenang Elvis.

“Harapan ke depannya adalah agar BPJS Kesehatan selalu dapat menjadi lebih baik dan lebih gencar dalam melakukan sosialisasi dengan masyarakat karena banyak sekali orang-orang yang tidak tahu mengenai program ini dan tidak dapat memanfaatkan dengan baik”, tutup Elvis.inda

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments