Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Kejari Jakbar Musnahkan 863 Kilogram Narkoba Milik Wong Chi Ping
Array

Kejari Jakbar Musnahkan 863 Kilogram Narkoba Milik Wong Chi Ping

Jakarta, faktapers.id – 863 Kilogram barang bukti narkoba milik terpidana mati Wong Chi Ping alias Surya Wijaya dan sembilan anggota pengikutnya sehingga menjadi bukti terbanyak atau terbesar dimusnahkan Kejaksaan Negeri Jakarta Barat telah.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Patris Yusrian Jaya saat pemusnahan barang bukti di Kantor Kejari Jakarta Barat, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa menyebut pemusnahan barang bukti Wong Chi Ping dan anggotanya merupakan yang terbesar diantara sdjumlah barang bukti lain.

“Salah satu barang bukti yang paling besar adalah barang bukti dalam kasus Wong chi ping yaitu sebesar 863 kilogram.Dengan terpidana sebanyak sembilan orang. Dua orang sudah inkrah yaitu dihukum mati. Sementara tujuh orang dihukum seumur hidup,” ujar Patris.

Ia menjabarkan barang bukti milik Wong Chi Ping pada awal penyitaan berupa sabu dalam 835 bungkus plastik bening dengan berat tiap bungkusnya 1.033,057 gram. Berat kotor barang bukti tersebut mencapai 863 kilogram.

Kejari Jakbar Musnakan Barang Bukti

Sedangkan di Kantor Kejari Jakarta Barat, Kembangan, dilakukan pemusnahan sisa sabu yakni sebanyak 835 bungkus plastik bening dengan tiap bungkusnya berisi sisa 0,5 gram. Berat barang bukti yang dimusnahkan sekitar 417,5 gram dengan alat insinerator.

Sementara mengenai kapal yang digunakan dalam melakukan peredaran narkoba, Patrius menyebut kapal tersebut akan dilelang.

“Kapal tersebut status barang buktinya diputusan Mahkamah Agung adalah dirampas untuk negara, sehingga dalam waktu dekat akan kami lakukan pelelangan,” ujar dia.

Sebelumnya, bandar narkoba Wong Chi Ping alias Surya ditangkap pada 5 Januari 2015 di Lotte Mart Kalideres, Jakarta Barat, mendapat vonis hukuman mati dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat 13 November 2015.

Wong Chi Ping terbukti melakukan tindak pidana yang melanggar hukum, yaitu Pasal 114 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 2, dengan subsider Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Meskipun warga negara Hong Kong, menurut para hakim, Wong Chi Ping tetap merupakan subyek hukum yang bisa dijatuhi hukuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. rwd

Most Popular

Recent Comments