Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Kemendagri Menyoroti Salam Dua Jari Anies Baswedan
Array

Kemendagri Menyoroti Salam Dua Jari Anies Baswedan

Jakarta, Faktapers.id – Kementerian Dalam Negeri menyoroti tindakan Anies Baswedan saat menghadiri acara Konfernas Partai Gerindra di Sentul, Senin (17/12). Gubernur DKI Jakarta itu diketahui mengacungkan pose dua jari saat selesai berpidato.

Soni saat dikompirmasi, Selasa (18/12) menanggapi gestur kontroversi Gubernur DKI Jakarta, Mungkin Anies tidak menyadari hal ini tidak boleh.

Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono

Soni akan memperingatkan atau memberi teguran kepada Anies terkait hal tersebut, dia berpikir, sang Gubernur DKI itu tidak sadar bahwa apa yang dilakukannya, adalah hal terlarang. Terutama, dirinya yang berstatus sebagai seorang Kepala Daerah, dimana sepatutnya menjaga dan menjunjung tinggi sikap netralitas.

Soni hanya akan memperingatkan Anies Baswedan atas kejadian tersebut, bahwa dirinya boleh menghadiri agenda partai politik setelah lebih dulu izin ke Menteri Dalam Negeri, namun pemberian izin tidak boleh disalahgunakan untuk memberikan simbol memihak salah satu paslon.

“Kemendagri akan memperingatkan saja, boleh hadir, tapi lain kali tidak boleh memberikan simbol dukungannya angkat dua jari,” jelas Soni.

Di acara tersebut, Anies juga sempat menyampaikan pidato. Dalam pidatonya, Anies mendoakan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bisa meraih kemenangan di Pilpres 2019 seperti yang ia raih saat pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 lalu.

“Terima kasih kepada pak Prabowo dan koalisi yang mengizinkan saya untuk terus meneruskan tugas di Jakarta. Insya Allah, apa yang terjadi di Jakarta, akan berulang di level nasional,” tutur Anies.

Tanggapi soal itu, Kemendangri menyerahkan substansi dari isi pidato Anies kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mempelajarinya.

“Soal substansi pidato, Bawaslu yang harus nge-cek,” pungkasnya, Sebagai informasi, Gerindra bersama PKS merupakan partai pengusung pasangan Anies-Sandi saat menang di Pilkada DKI 2017 lalu. rwd

Most Popular

Recent Comments