Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Kerjasama Parlemen Indonesia-Perancis Diharap Tingkatkan Kapasitas
Array

Kerjasama Parlemen Indonesia-Perancis Diharap Tingkatkan Kapasitas

Jakarta, faktapers.id – Selasa kemarin (11/12), Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah pimpin delegasi Tim Implementasi Reformasi DPR temui Ketua Fraksi Partai En’ Marche, Raphel Gerard di Parlemen Perancis, Paris. Di kesempatan itu disebutkan, kerjasama antar kedua parlemen dapat ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Fahri melalui pernyataan tertulisnya, Rabu (12/12). “Kami ingin sekali kerjasama ditingkatkan. Mudah-mudahan, Kaukus Kerjasama Indonesia-Perancis di Parlemen ini, bisa meningkakan kemampuan dan kapasitas Parlemen Indonesia,” ujarnya. Diketahui, En’ Marche adalah partai penguasa. Diakui Fahri dirinya kaget mendapati Rapat Paripurna Parlemen Perancis yang gaduh. Ia mengira semakin advance demokrasinya, parlemennya semakin sepi dari kegaduhan.

Ia pun menuturkan, pengalamannya saat memimpin sidang DPR, dimana salah satu anggotanya hampir memukul pimpinan sidang. “Tetapi itu dulu. Sekarang, setelah era digital tidak ada lagi peristiwa tersebut karena orang dibatasi bicara secara otomatis melalui mikropon,” urainya. Kedepan, melalui kerjasama Indonesia-Perancisn, legislator PKS dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat (NTB) berharap DPR dapat memperbaiki diri.

Sementara itu, Raphel Gerard mengiyakan soal kegaduhan tersebut.

Menurutnya, saat sidang sesi pertanyaan pemerintah dan anggota parlemen yang digelar setiap Selasa dan Rabu itu, secara tradisi selalu ramai. “Apalagi sekarang ada aksi demo yang dilakukan massa bernama ‘Rompi Kuning’ itu. Mereka berunjuk rasa sudah sejak empat minggu lalu. Bahkan, dengan segala macam kekeran yang dilakukannya. Jadi hari ini itu lebih ramai dari yang biasanya,” beber Raphel.

Jelasnya, sidang antara parlemen dan pemerintah, disiarkan semua stasiun televisi, dan disaksikan rakyat Perancis.
“Mereka, anggota Parlemen mau menunjukan eksistensinya didepan rakyat, mengingat mereka sebagai wakil rakyat. Jadi banyak, boleh dikatakan akting-nya gitu lah,” ujarnya Raphael. oss

Most Popular

Recent Comments