Senin, Maret 8, 2021
Beranda Legislator Senayan ke Paris Rampungkan Konsep Kelembagaan
Array

Legislator Senayan ke Paris Rampungkan Konsep Kelembagaan

Jakarta, faktapers.id – Bertujuan implementasikan reformasi, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah pimpin rombongan legislator Senayan bertolak ke ke Paris, Perancis. Kunjungan tersebut bertujuan merampungkan konsep kelembagaan parlemen. Hal itu ia kemukakan terkait sejumlah isu korupsi.

“Kami kerjasama dengan beberapa negara, dan kebetulan kami besok seharian dijamu di Parlemen Prancis bersama Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Indonesia – Perancis,” sebut Fahri dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (11/12).

Ketua Tim Implementasi Reformasi DPR itu menegaskan, pihaknya juga ingin menyelesaikan dokumen-dokumen yang menjadi bahan bagi legislasi kelembagaan DPR ke depan, baik Undang-Undang maupun Peraturan-Peraturan dibawahnya.

Papar Fahri, delegasi Tim Implementasi Reformasi DPR selama di Peranci, lanjut sehari penuh berdiskusi dengan KPK-nya Perancis, untuk mengidentifikasi bagaimana caranya supaya Parlemen itu tidak dikait-kaitkan dengan isu korupsi.

“Saya kira itu yang ingin kita dapatkan, selain kerjasama teknikal, juga ada MoU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa Parlemen, termasuk dengan Parlemen Amerika,” cetus legislator PKS Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR dan Badan Keahlian/BK itu, menuturkan, DPR sampai sekarang punya kerjasama langsung untuk memperkuat SDM yang ada, yakni sistem pendukung kinerja DPR RI, demikian dijelaskan Fahri Hamzah.

Ada dua agenda dalam kunjungan hari pertamanya, Senin (10/12/2018) di Paris, Perancis, delegasi Tim Implementasi Reformasi DPR RI. Pertama, melakukan pertemuan dengan Agence Francaise Anticorruption (AFA, Badan Antikorupsi Perancis), Senin pagi (10/12/2018), yang dipimpin Direktur Charles Duchaine.

Pada 2016, AFA menghentikan represi atau penindakan korupsi dan kini berfokus pada pencegahan. Kedua, pertemuan dengan Dubes RI untuk Perancis Letjen TNI (Purn) Hotmangaradja M.P. Pandjaitan di Kedubes RI di Paris.

Sedang hari ini, Selasa (11/12), delegasi Tim Implementasi Reformasi DPR RI melakukan pertemuan dengan Parlemen Perancis dengan tema Modernisasi Parlemen. oss

Most Popular

Recent Comments