Minggu, Juni 20, 2021
BerandaOperasi Lilin Mahakam 2018 Berlangsung 10 hari
Array

Operasi Lilin Mahakam 2018 Berlangsung 10 hari

Kutai Barat, faktapers.id – Guna mengantisipasi kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang perayaan Natal 2018 dan menyambut tahun baru 2019, Polres Kabupaten Kutai Barat ( Kubar), Provinsi Kalimantan Timur memulai pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2018.

Untuk meninjau kesiap-siagaan personel serta mengecek sarana-prasarana pengamanan dan memperkuat soliditas pemangku kepentingan dalam operasi itu, dilakukan Apel Gelar Pasukan pada Jumat (21/12) pagi di Mapolres Kubar di Sendawar.

“Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi ‘Lilin 2018’ sejak 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019,” kata Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dalam amanatnya dibacakan oleh Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan SIK MH yang memimpin langsung apel itu.

Kapolri menegaskan, menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun, momen masyarakat berkumpul bersama keluarga. Dibarengi dengan penetapan libur nasional, maka kondisi kamtibmas harus kondusif se-Indonesia. Kepada seluruh jajaran Polri diingatkan agar terus mengantisipasi terorisme, beragam mafia, hingga pendampingan operasi pasar bagi masyarakat.

“Realitas itu berdampak signifikan terhadap masyarakat. Terutama peningkatan intensitas kegiatan dan mobilitas moda transportasi, lalulintas dijalan raya, hingga kebutuhan pangan. Kondisi itu bisa muncul sejumlah potensi kerawanan kamtibmas yang harus diantisipasi melalui Operasi Lilin 2018,” urai Putu YS.

Dia menambahkan, dalam Operasi Lilin Mahakam 2018 di Kubar dan Mahulu, Polres Kubar menurunkan 150 personel gabungan. Terdiri personel polres, Kodim 0912/KBR, TNI-AU, Satpol-PP, Dishub, Dinad Kesehatan, Damkar, dan sejumlah instansi terkait.

“150 personel gabungan terbagi pada 6 pos pengamanan, 3 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu. Dua pos pengamanan di Mahulu, yakni di Kecamatan Long Bagun dan Long Hubung,” bebernya.

Sedangkan pemetaan titik-titik pengamanan di dua kabupaten itu menurut kapolres, terutama pada sejumlah Gereja, tempat keramaian, kawasan vital, sarana prasarana umum, serta sejumlah tempat yang dianggap berpotensi rawan kamtibmas.

“Saya imbau agar seluruh lapisan masyarakat bersinergi bersama Polres Kubar dalam mengantisipasi kamtibmas, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Natal 2018 dan menyambut tahun baru 2019 di Kubar dan Mahulu,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Kubar, Yacob Tullur yang hadir dalam upacara gelar pasukan itu mengakui bahwa Pemkab Kubar mendukung kuat pelaksanaan Operasi Lilin Mahakam 2018 oleh Polres Kubar bersama jajaran.

“Perlu kesiagaan dalam mengantisipasi kondusifitas kamtibmas. Karena selain merayakan Natal dan menyambut tahun baru, memasuki Januari 2019 masyarakat sudah mulai masuk dalam pelaksanaan pemilu,” singkatnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments