Jumat, Juni 25, 2021
BerandaPasca Tsunami, Polair Evakuasi 52 Orang Korban Selamat
Array

Pasca Tsunami, Polair Evakuasi 52 Orang Korban Selamat

Jakarta, faktapers.id – Pasca Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12/2018), kepolisian perairan (Polair) berhasil mengevakuasi korban 23 orang, di Pulau Legundi, Perairan Lampung, Senin (24/12/2018).

23 orang yang dievakuasi adalah 5 warga lokal, seorang dosen dan 17 mahasiswa UNDIP Semarang yang sedang melakukan penelitian ekosistem laut. Salah seorang warga lokal mengalami luka berat.

“Seluruh korban selamat. Evakuasi berkoordinasi dengan Polair Polda Lampung, KPLP, TNI dan Pelindo II. Para korban sudah dibawa ke posko bencana Ditpolair Polda Lampung untuk mendapatkan perawatan,” ungkap Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Lotharia Latif.

Sebelumnya, sambung Latif, pihaknya bersama Polair Polda Banten telah berhasil mengevakuasi 29 orang di Pulau Sangiang, Serang, Banten, Minggu, (23/12/2018). 

Dari 29 orang itu, 26 laki-laki dan 3 orang perempuan. 28 orang diantaranya mengalami luka ringan dan seorang mengalami luka berat.

Latif mengungkapkan, kegiatan evakuasi dilakukan oleh pihaknya sejak hari pertama Tsunami terjadi. Saat evakuasi dilakukan, Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri melibatkan 5 Kapal Polisi (KP).

“Ada 5 kapal kami kerahkan, KP Albatros, KP Murai dan KP Kenari untuk melakukan evakuasi di Perairan Banten. Sedangkan KP Perkutut dan KP Parkit bertugas di Perairan Lampung,” ujarnya.

Latif mengatakan, para korban ditemukan oleh tim Polair di wilayah Perairan Lampung dan Banten. Hingga kini, lanjutnya, pihaknya masih bekerja terus, menyisir di pinggiran pantai dan tengah laut.

“Kami masih akan menyisir dan tetap berusaha melakukan pencarian hingga  semua korban dapat ditemukan,” pungkasnya. kls

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments