Senin, Juni 21, 2021
BerandaPers Berhati Nurani, Ketua DPD:  Sampailah Dia Ketujuan
Array

Pers Berhati Nurani, Ketua DPD:  Sampailah Dia Ketujuan

Jakarta, faktapers.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Oesman Sapta menilai, semua pelaku pers di lingkungan DPR, MPR dan DPD sudah bermartabat. Kian hari, pers parlemen kian meningkat cara berfikirnya.

“Pers ini adalah kepercayaan masayarakat sekarang ini. Mungkin masyarakat lebih percaya kepada pers daripada kami-kami ini, karena kami tak mungkin bisa memberitakan sesuatu, tetapi pers bisa memberitakan yang menusuk dan mendorong hati rakyat.

Maka kalau pers ber-hatinurani, maka sampailah dia ketujuan,” ujar Oesman pada acara “Refleksi Akhir Tahun Kinerja MPR, DPR dan DPD” dan pelantikan Pengurus Wartawan Parlemen periode 2018-2020 di Media Center/Pressroom, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/12).

“Jadi kalau bapak Hidayat (Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid-red) tadi bilang pers harus bermartabat, saya yakin semua pers kita (wartawan parlemen-red) bermartabat disini dan jangan khawatir.

Karena begini, semakin hari pers kita ini semakin meningkat cara berpikirnya, baik meningkat hoax-nya maupun meningkat kontra hoax-nya,” ucap Oesman lagi.

Yang harus dihayati, sambung Ketum Partai Hanura itu, adalah mengurangi hoax. Oeman pun berpendapat, hal itu dikarenakab pemberitaan yang membikin rakyat itu percaya dan tidak percaya sangat sederhana sekali.

“Kalau sesuatu pemberitaan yang jelek itu cepat diterimanya, kalau pemberitaan yang bagus itu tidak dibaca, jadi ini nyawanya di media,” urai Oesman.

Menurutnya, media merupakan alat ukur sekarang ini di era now. Wartawan MPR/DPR/ DPD semakin hari semakin bermartabat, jadi keliru kalau masih meragukan hal tersebut.

“Cuman masih ada juga yang nakal-nakal, nakal karena apa? Karena dia ingin menonjol sebetulnya karena kelas kewartawanannya itu belum mempunyai kemampuan untuk menyuguhkan kepada masyarakat yang benar,  yang menarik, yang terhormat, yang menjaga etik jurnalis,” papar Oesman.

Ungkapnya, karena kebanyakan wartawan orang daerah, maka angkatlah daerahnya masing-masing melalui media, dan berikan informasi yang benar sehingga menjadi fokus dalam pembangunan nasional.

“Karena dengan pembangunan infrastruktur oleh presiden sekarang, ini jujur sulit disangkal keberhasilannya, sulit disangkal,” kata Oesman.

Lebih lanjut, ia menegaskan hoax dan kontra perlu dibangun, hoax  semakin hari semakin meningkat. Oesman berpesan kepada wartawan yang menururnya memang berasal dari daerah, agar jangan bodohi rakyat di daerah dengan hoax.

“Akhirnya saya ingin mengucapkan selamat kepada kalian semua, pesan yang terakhir ini dan harus kalian lakukan, bersatu Pers Parlemen, anda tahu ngga? Saya malu kalau Pers Parlemen itu menulis sesuatu yang beda dengan parlemen yang lain, padahal kita satu parlemen, pers istana, persnya departemen itu lebih hebat dari pers kita, saya tak setuju, pers kita harus menyatu, pers kita harus berwibawa dari pers yag lain, karena apa, kita adalah corong, kita ini adalah lembaga corong rakyat yang lain bukan,” pungkasnya. OSS

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments