Sabtu, Februari 27, 2021
Beranda Persiapan Porprov VII Kaltim 2022, Untung Surapati: Seluruh Cabor Dievaluasi
Array

Persiapan Porprov VII Kaltim 2022, Untung Surapati: Seluruh Cabor Dievaluasi

Kutai Barat, faktapers.id – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Untung Surapati menegaskan, usai mengikuti Pekan Olahraga Provinsi VI tingkat Kaltim 2018 di Kabupaten Kutai Timur 1-12 Desember lalu, pihaknya akan segera mengevaluasi seluruh cabang olahraga yang ada di KONI Kubar.

Hal itu terkait perolehan medali oleh Kontingen atlet Kubar yang mengikuti 27 cabor dalam laga dalam porprov itu. Menurut Untung Surapati perlu menjadi pelajaran berharga bagi KONI Kubar untuk melakukan persiapan matang guna menghadapi Porprov ke-VII tingkat Kaltim pada tahun 2022 mendatang di Kabupaten Berau.

“Dengan perolehan total 117 medali dalam Porprov VI tingkat Kaltim di Kutim, menjadi evaluasi cabor mana saja yang berpotensi besar. Atau cabor yang sebelumnya diandalkan mendulang medali ternyata nihil,” ungkap Untung Surapati dalam keterangan pers di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kutim, Kamis (13/12).

Dia juga menyinggung lebih jauh bahwa dengan perolehan total 117 medali, Kubar berada diperingkat ke-8 dari 10 kabupaaten/kota se-Kaltim. KONI Kubar tetap bangga dan apresiasi terhadap seluruh atlet dan pelatih serta official dalam kontingen Kubar. Pasalnya menurut dia, cabor yang dipertandingkan dalam Proprov VI Kaltim tersebut sebanyak 52 cabor. Tetapi yang diikuti Kubar hanya 27 cabor.

“Wajar jika Kubar hanya mendapat 117 medali, karena hanya mengikuti pertandingan pada 27 cabor. Evaluasi yang saya maksud terhadap cabor untuk meneliti kelemahan secara internal, apakah karena pelatih atau manajemen yang kurang mumpuni,” bebernya.

Untung Surapati juga menyebut dalam melakukan evaluasi internal itu, KONI Kubar akan memanggil seluruh jajarannya. Terutama terhadap cabor andalan tetapi tidak memperolah medali secara maksimal. Bahkan tambahnya lagi, untuk pelatih sejumlah cabor yang ada juga akan dievaluasi.

“Bukan karena pandai atau tidak pandai para atlet, tetapi sejauh mana kekuatan cabor bisa bertahan. Mungkin perlu perubahan terhadap manajemennya atau perlu didatangkan pelatih bertaraf nasional. Karena untuk menghadapi laga selanjutnya dalam perhelatan besar olahraga di Kaltim bahkan luar Kaltim, KONI Kubar perlu mempersiapkan kontingen atletnya sejak saat ini,” tandasnya. Iyd

Most Popular

Recent Comments