Senin, Maret 8, 2021
Beranda Porprov VI Kaltim 2018 di Kutim, Mahulu Raih 52 Medali
Array

Porprov VI Kaltim 2018 di Kutim, Mahulu Raih 52 Medali

Sangatta, faktapers.id – Inilah momen bersejarah untuk kedua kalinya Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sejak mekar dari induknya Kabupaten Kubar pada tujuh tahun silam, mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tingkat Provinsi Kaltim.

Pada Porprov VI tingkat Kaltim 2018 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), dihari terakhir laga pertandingan semua cabang olahraga (cabor), Mahulu berada diperingkat 10 dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

“Kontingen Mahulu memperoleh total 52 medali. Terdiri 6 medali emas, 17 perak, dan 29 perunggu dengan mengikuti 15 cabor dari 52 cabor yang dipertandingkan,” jelas Sekretaris Umum (Sekum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mahulu, Agustinus Mereng dalam konferensi pers di Sangatta, Kutim, Rabu (12/12) sore.

Dia juga membeberkan, dengan perolehan total medali tersebut KONI Mahulu sangat bangga dan apresiasi atas perjuangan para atlet Mahulu dalam perhelatan olahraga empat tahunan di Provinsi Kaltim itu.

“Untuk yang kedua kalinya Mahulu berkiprah dalam Porprov Kaltim. Pertama pada 2014 di Kota Samarinda, dan ini yang kedua kalinya di Kabupaten Kutim pada 2018. Meski berada diperingkat 10 dari 10 kabupaten/kota, kami bangga dengan keberhasilan kontingen atlet Mahulu ini,” terangnya lagi.

“Kami tak menyangka dalam Porprov VI tingkat Kaltim 2018 Mahulu cukup berhasil mendulang medali. Karena pada Porprov IV tingkat Kaltim pada 2014 lalu, Mahulu hanya memperoleh dua medali emas,” ujar Agustinus Mereng.

Sekum KONI Mahulu itu berpanjang lebar bahwa sejak awal dalam persiapan menghadapi Porprov VI Kaltim 2018 di Kutim, pihaknya sebenarnya menarget agar kontingen Mahulu dapat merebut 15 medali emas. Namun meski belum tercapai, KONI Mahulu tetap besar hati.

“Kendala utama yang membuat pengaruh terhadap para atlet adalah keterlambatan pencairan dana sentralisasi untuk training center (TC). Hal itu akan menjadi pembelajaran kedepan untuk berbenah kearah yang lebih baik,” ungkapnya.

Agustinus Mereng menegaskan, dengan perolehan medali melalui perjuangan kontingen atlet Mahulu itu, maka akan menjadi pemnelajaran untuk KONI Mahulu. Yakni memberikan motivasi bagi kemajuan atlet kedepan guna menghadapi laga besar olahraga lainnya di Kaltim, bahkan porprov tingkat Kaltim selanjutnya.

“Atas nama seluruh jajaran KONI Mahulu, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada seluruh atlet Mahulu, official dan kontingen, seluruh masyarakat Mahulu, Pemkab Mahulu, dan seluruh pihak yang telah berpartiipasi bagi kontingen atlet Mahulu,” urainya.

Untuk diketahui, dari 15 cabor yang diikuti kontingen Mahulu dalam porprov itu, ada 13 cabor yang berhasil memperoleh medali. Diantaranya arung jeram, IMI, wushu, fopi, taekwondo, kodrat, pertina, forki, korbal, muaythai, pabsi, FPTI, serta IPSI. Hanya cabor PBVSI dan atletik yang tidak berhasil mendulang medali.

Sedangkan perolehan medali terbanyak dari cabor tinju, yakni 1 emas, 2 perak, dan 6 perunggu. iyd

Most Popular

Recent Comments