Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Program Pengembangan SDM Besar-Besaran Diterapkan Presiden
Array

Program Pengembangan SDM Besar-Besaran Diterapkan Presiden

Jakarta, faktapers.id – Program pembangunan sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran.Presiden Joko Widodo meminta semua kementerian/lembaga mulai tahun 2019 untuk mengembangkannya.

Presiden Joko Widodo saat memimpin Sidang Kabinet dengan topik Capaian Tahun ke-4 RPJMN 2015-2019 dan Evaluasi Belanja Kementerian/Lembaga di Istana Negara Jakarta, Rabu, mengatakan Pemerintahannya segera melakukan pergeseran strategi untuk masuk ke program pembangunan SDM besar-besaran.

“Seperti yang sudah saya sampaikan, baik pada rapat terbatas maupun rapat paripurna bahwa di 2019 kita akan melakukan pergeseran strategi untuk masuk ke program pembangunan SDM secara besar-besaran,” kata Presiden.

Untuk itu, Presiden meminta semua menteri dan jajarannya agar rencana kerjanya memasukkan program pengembangan SDM sebanyak-banyaknya di semua kementerian mengenai pembangunan SDM.

Ia mencontohkan di Kementerian Tenaga Kerja mulai Januari 2019 diharapkan Balai Latihan dan Keterampilan Kerja di Pondok Pesantren sudah bisa dimulai. “Karena kita tahu akan dibangun di kurang lebih di 1.000 ponpes ini Januari harus bisa dimulai,” katanya.

Kemudian untuk kementerian-kementerian yang lain yang berkaitan kata dia, misalnya di Kementerian PUPERA mengenai sertifikasi untuk tenaga-tenaga teknik yang ada di lapangan juga dapat dimulai lebih awal.

Selain itu, misalnya di Kementerian Pertanian juga diharapkan Presiden dikembangkan program training ke luar negeri untuk para PPL-nya.

“Misal di Kementan saya minta beberapa ratus dari PPL kita bisa ditrainingkan ke luar dan saya kira hubungan Kementan dengan Taiwan juga bagus di sana saya kira sisi pertanian juga baik,” katanya.

Hal itu kemudian diharapkan saat memasuki pertengahan tahun semua program tersebut dapat dievaluasi secara cepat dan efektif dalam rangka peningkatan skill dan produktivitas.rwd

Most Popular

Recent Comments