Minggu, Juni 13, 2021
BerandaRelawan KSB Dinsos Berikan Bantuan Kepada Korban Tsunami di Banten
Array

Relawan KSB Dinsos Berikan Bantuan Kepada Korban Tsunami di Banten

Jakarta, faktapers.id – Para relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) Dinas Sosial DKI Jakarta turut serta memberikan bantuan kepada korban Tsunami di Banten. Bantuan itu merupakan hasil penggalangan KSB di 80 kelurahan yang ada di DKI Jakarta.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah menyampaikan, KSB di Jakarta memiliki paguyuban yang sampai saat ini telah mengumpulkan bantuan untuk disalurkan kepada korban bencana Tsunami di Banten.

“Sekarang ini kita sudah mengumpulkan, dari aksi yang dilakukan oleh KSB DKI Jakarta. Ada paguyuban, dikumpulkannya di sini, di kantor Dinas Sosial untuk kita berikan bantuannya kepada korban Tsunami di selat Sunda,” kata Irmansyah pada Jumat malam (28/12/18).

Ia melanjutkan, sasaran untuk distribusi bantuan ini adalah Kecamatan Sumur dan juga beberapa titik yang nanti disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada di lokasi bencana.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Banten. Alhamdulillah, cukup banyak. Bantuan ini, dan masih akan mengalir terus,” ungkap Irmansyah.

Bantuan-bantuan ini telah diberangkat pada Sabtu dini hari tadi (29/12/18) oleh relawan KSB dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial DKI Jakarta.

Total bantuan yang disalurkan terdiri dari kebutuhan pokok berupa, beras 1000 kg, mi instan 500 dus, sarden 5 dus, pop mie 5 dus, kopi 5 dus, gula pasir 50 kg, telur ayam 18 tire, minyak goreng 20 dus, kecap 2 dus, lauk pauk 3 dus, air mineral 100 dus, biskuit 32 dus, dan susu UHT 30 dus. 

Sedangkan bantuan lainnya berupa selimut 200 lembar, terpal 10 lembar, pampers 8 dus, kebutuhan bayi 8 dus, pembalut wanita 5 dus, alat mandi 3 dus, bumbu dapur 5 kg, obat-obatan 3 lusin, handuk 4 lusin, celana dalam pria 5 lusin, pakaian dalam wanita 5 lusin, dan celana dalam wanita 5 lusin.

“Barang-barang ini yang sangat dibutuhkan. Hasil koordinasi kami, mereka tidak butuhkan pakaian bekas, justru bantuan ini yang dibutuhkan,” jelas Irmansyah.

Hal ini dikarenakan kondisi di lokasi bencana saat ini sudah siaga 3. Jadi tidak hanya mereka yang terkena bencana, tapi mereka semua yang masuk dalam radius 500 meter ikut juga mengungsi. Maka dari itu jumlah korban yang terdampak cukup besar.

“Kami apresiasi inisiatif teman-teman relawan KSB yang telah peduli kepada saudara-saudara kita. Semoga kepedulian ini akan menjadi ladang amal kita bersama,” ucap Irmansyah.

Sementara, Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Tarmidjo Damanik, didampingi Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bencana Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Suta Wijaya turut serta berangkat ke Banten dalam mendistribusikan bantuan bagi korban bencana tsunami.

Saat ini Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta telah memberangkatkan petugas sebanyak 30 orang. Mereka terdiri dari 20 orang anggota KSB dan 10 orang Tagana yang akan melakukan pendistribusian bantuan bagi korban tsunami.

“Setelah sampai di lokasi bencana, mereka akan bersinergi dengan satuan petugas peduli kebencanaan yang sudah ada dan sudah bertugas di sana,” ujar Tarmijo Damanik. fp02

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments