Jumat, Juli 30, 2021
BerandaSebanyak 20.000 Personel Amankan Malam Pergantian Tahun
Array

Sebanyak 20.000 Personel Amankan Malam Pergantian Tahun

Jakarta, faktapers.id – Pergantian tahun baru 2019 tinggal hitungan hari. Untuk mengamankan perayaan malam tahun baru di Jakarta, sebanyak 20.000 personel dikerahkan Polda Metro Jaya.

“Pada saat malam tahun baru saya kerahkan 20 ribu personel,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz, di Gedung Balai Pertemuan Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (28/12).

Irjen Polisi Idham menjelaskan, terkait antisipasi dan penanggulangan aksi teror, jajaran Polda Metro Jaya didukung oleh Detasemen Khusus Anti-Teror 88 Polri.

Idham menyebutkan Polda Metro Jaya memiliki satuan khusus yang berupaya mendeteksi potensi teror yang digerakkan baik dari aktivitas informasi dan teknologi (IT), maupun upaya secara manual atau fisik.

Pada kesempatan itu, Idham menekankan bahwa terorisme dan radikalisme masih menjadi ancaman yang menerima perhatian khusus dari Polda Metro Jaya.

Selama 2018, Polda Metro Jaya mencatat ada 11 aksi teror yang terjadi di ibukota, terdiri atas 10 ancaman bom dan satu pengeboman.

Catatan Polda Metro Jaya menunjukkan ancaman pengeboman pada 2018 turun sekitar 33 persen dibanding 2017, sementara untuk aksi pengeboman, kasus yang ditangani pada tahun ini turun 50 persen dibanding tahun lalu.

Ribuan personel itu nantinya disebarkan ke setiap titik keramaian dan yang dianggap rawan tindakan kriminal.

“Untuk menjaga di 15 titik keramaian di mana semua saudara-saudara kita berkumpul merayakan pergantian tahun,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta untuk kedua kalinya menggelar acara nikah massal menjelang malam pergantian tahun 2018. Tradisi ini sudah dilakukan pada tahun sebelumnya, saat Anies masih didampingi Wagub DKI Sandiaga Uno.

Anies membeberkan, acara nikah massal telah dirundingkan persiapannya sejak dua sampai tiga minggu lalu. Hanya tinggal menunggu finalisasi saja, hingga diumumkan kepada khalayak.

“Jadi nanti, tunggu. Jumlah pasangan dinikahkan nanti diumumkan,” singkat Anies. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments