Senin, Juni 21, 2021
Beranda7 Anggota LPSK Dilantik Presiden
Array

7 Anggota LPSK Dilantik Presiden

Jakarta, faktapers.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 16 duta besar Indonesia untuk negara sahabat. Selain itu, Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah jabatan 7 anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Acara digelar di Ruang Utama Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/1/2019). Pengangkatan 16 duta besar tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 1/P Tahun 2019 tanggal 7 Januari tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP).

Di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menkominfo Rudiantara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menristekdikti Mohammad Nasir, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan masih banyak lainnya.

Siapa saja ya ketujuh anggota LPSK yang baru itu?

1. Isi sumpah tujuh anggota LPSK

Di hadapan Presiden Jokowi, ketujuh anggota LPSK pun mengucapkan sumpah jabatan. “Demi Allah saya bersumpah, demi Tuhan Yang Maha Esa saya berjanji, bahwa saya akan melaksanakan jabataan ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau jabatan tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada siapapun,” ucap mereka di awal sumpahnya.

Kemudian, ketujuh anggota LPSK tersebut membacakan sumpah hingga akhir. Lalu, mereka tanda tangan sebagai bentuk persetujuan atas tugasnya yang baru.

2. Nama ketujuh anggota LPSK yang sudah dilantik

Pelantikan tujuh anggota LPSK tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI No 232/P/2018/ tentang Pengangkatan Keanggotan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. Adapun tujuh anggota LPSK periode 2018-2023 yang diambil sumpah adalah:

1. Drs. Hasto Atmojo Suroyo
2. Brigjen. Pol. (Purn) Dr. Achmadi, SH, MH
3. (Dr. Lur) Antonius Prijadi Soesilo Wibowo, SH, MH
4. Edwin Partogi Pasaribu, SH
5. Dr. Livia Istania DF Iskandar, MSc
6. Dr Maneger Nasution, MA
7. Susilaningtias, SH.

3. Mereka terpilih melalui uji kelayakan dan kepatutan

Sebelumnya, Komisi III DPR melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2018-2023 tersebut, pada Selasa, 4 Desember 2018 lalu.

Dari 14 calon anggota LPSK yang telah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan, DPR telah memilih 7 anggota. Dan proses pengujian itu menghabiskan waktu satu jam untuk masing-masing kandidat.

Pelantikan ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja. Mereka antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Ketua BPK Moermahadi Soerja. UAA

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments