Jumat, Juni 25, 2021
Beranda9 Warga Meninggal Disengat Tawon, Pemkab Klaten Lakukan Sosialisasi
Array

9 Warga Meninggal Disengat Tawon, Pemkab Klaten Lakukan Sosialisasi

Klaten, faktapers.id – Populasi Tawon Vespa Affinis atau dikenal sebagai Tawon Endas dengan ciri badan bersabuk kuning terus berkembang.

Perkembangan tawon tersebut tidak hanya di pedessan namun juga merambah di perkotaan.

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (PemKab) Klaten melakukan sosialisasi kepada kepala desa, camat, kepala Puskesmas, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten hingga relawan dari SAR Klaten, PMI, ORARI, RAPI, dan komponen relawan lainya.

“Kegiatan sosialisasi Ini untuk mengantisipasi timbulnya tawon yang membahayakan masyarakat,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten, Sugeng Haryanto, di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (14/1/19).

Sementara itu, Asisten I Sekda Klaten, Rony Roekmito mengatakan, pada 2018 ini ada 207 laporan

keberadaan Tawon Vespa Affinis dan mengancam keselamatan warga.

Sudah ada 7 warga meninggal dunia serta satu ekor kambing tewas karena disengat Tawon Vespa Affinis.

“Pada tahun sebelumnya yaitu 2017 tercatat ada 2 warga dilaporkan meninggal yang disebabkan oleh sengatan tawon tersebut, sehingga sampai sekarang sudah ada sebanyak 9 warga Klaten yang meninggal dunia karena sengatan Tawon Vespa Affinis ,” ungkapnya.

Dikatakan Rony, perlu dibentuk tim penanggulangan Tawon Vespa Affinis., sehingga dengan dibentuknya tim penanggulangan Tawon Vespa Affinis, maka dapat mempelajari penyebab tawon berkembang cepat, dan habitatnya juga bisa pindah cepat dari pedesaan ke kota.

“Tim nantinya juga dapat melakukan tindakan secara cepat saat ada warga disengat tawon, sehingga tidak jatuh korban jiwa lagi akibat sengatan Tawon Vespa Affinis,” pungkasnya. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments