Kamis, Juni 17, 2021
BerandaAgar Layak Huni, Koramil Melak Bedah Rumah Warga di Kampung Sekolaq Joleq
Array

Agar Layak Huni, Koramil Melak Bedah Rumah Warga di Kampung Sekolaq Joleq

Kubar, faktapers.id – Komandan Kodim 0912 Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Letkol Inf Anang Sofyan Effendi mengimbau agar jajaran Koramil se-Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu) menggencarkan karya bhakti bagi masyarakat kurang mampu.

Dia menyebut, salah satu bukti suksesnya karya bhakti TNI Kodim 0912/KBR, yakni pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu di Kampung Sekolaq Joleq, Kecamatan Sekolaq Darat, Kubar oleh Koramil 0912-12/Melak dibawah pimpinan Kapten Arm Sarifudin.

“Tugas TNI adalah operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang. Kebersamaan TNI dengan rakyat harus terus terjalin, yakni TNI manunggal bersama rakyat. Maknanya menunjukkan TNI mendapat kekuatan dan kekuasaan dari rakyat,” ujar Letkol Inf Anang Sofyan Effendi saat memberikan sambutan dalam acara serah terima satu unit rumah layak huni bagi Bapak Suhardi, salah satu warga Kampung Sekolaq Joleq, Rabu (30/1/2019).

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Muspika Sekolaq Darat dan Pemerintahan Kampung Sekolaq Joleq itu, Anang Sofyan Effendi mengapresiasi kinerja Danramil Melak yang mampu mengarahkan tugas para Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk manunggal bersama rakyat. Menurutnya cukup berat tugas Koramil Melak membawahi tiga kecamatan yakni Melak, Sekolaq Darat, dan Mook Manar Bulatn.

“Apresiasi kinerja Koramil Melak mampu menguatkan kemanunggalan bersama rakyat. Babinsa diharapkan berperan membina masyarakat diwilayahnya. Untuk selanjutnya,karya bhakti semacam ini bisa dilakukan dibeberapa daerah pada 16 kecamatan se-Kubar serta pada 5 kecamatan se-Mahulu,” ucapnya.

“Terima kasih kepada jajaran Koramil Melak, seluruh masyarakat dan semua pihak yang terlibat bergotong-royong dalam bakti sosial ini,” tandas Anang Sofyan Effendi.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Sekolaq Darat, Martianus SPI menyebut sangat mengapresiasi kinerja Koramil Melak yang peduli terhadap masyarakat. Menurutnya, kepeduliaan itu telah ditunjukkan selama ini, yakni Babinsa Koramil Melak rutin dalam kegiatan masyarakat pada sejumlah kampung di Kecamatan Sekolaq Darat.

“Terima kasih dan apresiasi dari Pemerintah Kecamatan Sekolaq Darat kepada Koramil Melak dibawah Komando Kodim 0912 Kubar. Karya Bhakti berupa bakti sosial pembangunan rumah bagi warga tidak mampu ini, sangat mulia bagi kemanusian,” tuturnya.

“Pemerintah kecamatan mengimbau agar pemerintah kampung dalam wilayah Kecamatan Sekolaq Darat tanggap, jika kedepan ada kegiatan TNI di kampung-kampung, hendaknya bisa turut serta bergotong-royong. Kecamatan juga akan menggalakkan pegawai kantor camat rutin bergotong-royong pada hari Jumat setiap pekan,” pintanya.

Komandan Koramil Melak, Kapten Arm Sarifudin mengungkapkan, pembangunan satu unit rumah layak huni di Kampung Sekolaq Joleq, diluar program kerja Koramil Melak. Hal itu sebagai bentuk kepeduliaan Koramil Melak kepada masyarakat yang kurang mampu. Bermula dari laporan Babinsa adanya keluhan masyarakat, rumah warga tersebut sudah tidak layak huni. Selama ini kata dia, program kerja Koramil Melak adalah program pembangunan Sejuta Jamban pada 3 kecamatan dalam wilayah Koramil Melak.

“Setelah saya lakukan pengecekan dan memang itu perlu dibantu. Dikoordinasikan dengan personel termasuk dengan Pak Dandim, dilakukan bedah rumah tersebut. Awalnya adalah rumah Bapak Suhardi kami nilai kurang layak huni, berukuran lebar 4 meter dan panjang 5 meter beratap rumbia, dirobohkan. Kemudian dibedah dan dibangun ulang berukuran lebar 7 meter dan panjang 8 meter, total biayanya mencapai Rp 20 juta,” ujarnya.

“Anggaran bersumber dari swadaya anggota Koramil bersama Danramil, sebagian bahan baku kayu dibantu oleh masyarakat. Dikerjakan sejak 5-26 Januari 2019 atau selama 3 pekan. Saya tak berjanji, namun tidak menutup kemungkinan kedepan Koramil Melak akan berupaya membantu masyarakat kurang mampu di 3 kecamatan untuk bedah rumah agar menjadi layak huni,” pungkasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments