Rabu, Juni 23, 2021
BerandaAntisipasi DBD, Lurah Pekojan Kuras dan Fogging Rumah Warga
Array

Antisipasi DBD, Lurah Pekojan Kuras dan Fogging Rumah Warga

Jakarta, faktapers.id – Sebagai tindak lanjut instruksi dari Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Barat dalam mengantisipasi lonjakan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) serentak di Wilayah DKI Jakarta, khususnya di lingkungan wilayahnya kini Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo beserta seluruh stake holder melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN – 3M) dan Fogging di Kampung Janis, wilayah RW 07 Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. 

Stake holder yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya, petugas Kesehatan, Anggota HAKLI, RW, LMK, FKDM, RT, PKK dan kader Pokja Sanitasi Jumantik serta PPSU kelurahan Pekojan.

Pemberantasan sarang nyamuk yang dipimpin langsung oleh Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo menyisir ke pemukiman padat penduduk di RW 07 dengan cara door to door.

“Kegiatan PSN ini untuk mengantisipasi peningkatan atau menyebarnya wabah penyakit  demam berdarah diwilayah kita,” ujar Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo dilokasi, Rabu (30/01/19).

Dalam Pemeriksaan jentik nyamuk di penampungan air milik warga. Ditemukan  jentik-jentik nyamuk. “Kami langsung lakukan pengurasan,” tutur lurah.

Dikatakan Tri, untuk penampungan air dengan volume besar, seperti tangki air (toren). Pihaknya melakukan program abatisasi ( Larvasida ) dengan pembubuhan bubuk abate di penampungan air tersebut.

“Pembubuhan bubuk abate ini, untuk memberantas jentik-jentik nyamuk di penampungan air dengan volume besar,” paparnya.

Lanjut Tri berujar, bagi penampungan air milik warga yang kedapatan jentik nyamuk. Rumah mereka langsung dilakukan penempelan stiker tidak bebas dari jentik nyamuk.

“Kita berikan stiker untuk dijadikan warning masyarakat untuk peduli pada kegiatan PSN. Agar rumah mereka bisa terbebas dari jentik nyamuk. Ini jadi pengawasan kita dalan pemberantasan jentik nyamuk,” pungkasnya.

Seusai melakukan penempelan stiker. Kemudian pihak Kelurahan Pekojan mengajak warga untuk melakukan penguburan barang-barang bekas yang menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.

Pemberantasan sarang nyamuk bukan hanya menyasar pada jentik-jentik saja. Tetapi, pemberantasan nyamuk dewasa pun menjadi sasaran petugas dengan melakukan fogging.

Selain itu, Tri juga menghimbau kepada seluruh RW, LMK, PKK, kader jumantik serta warga untuk bersama-sama melakukan pembersihan tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk Aedes Aegypt bersarang.

“Kami berharap semua komponen bergerak bareng untuk membersihkan lingkungan sekecil apapun. Musim penghujan masih panjang. Dan indikasi nyamuk Aedes Aegypt akan bersarang ditempat-tempat yang bersih,” imbaunya. fp02

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments