Rabu, Juni 23, 2021
BerandaBangun di Pinggir Kali, Lapangan Basket Apartemen Vittoria Residence Longsor
Array

Bangun di Pinggir Kali, Lapangan Basket Apartemen Vittoria Residence Longsor

Jakarta, faktapers.id – Kasudis Sumber Daya Air Kota Adm Jakarta Barat, Imron Syahrin, mengatakan bahwa longsornya lapangan basket di Apartemen Vittoria Residence bukan disebabkan intensitas kali di musim hujan. Dia menegaskan bahwa hal itu terjadi akibat pembangunan lapangan basket yang ditempatkan persis di pinggiran kali. Imron mengatakan bahwa seharusnya ada space pembatas antara pinggiran kali dengan lapangan basket.

Seperti diketahui bahwa lapangan basket di Apartemen Vittoria Residence, Rawa Buaya, Jakarta Barat, longsor setinggi lima meter. Akibatnya, material longsor tersebut menutupi aliran Kali Bojong yang merupakan saluran penghubung ke Kali Mookervart.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut. Pembangunan lapangan basket tersebut diduga bermasalah, karena dibangun tepat di pinggaran kali.

“Harusnya mereka mikir, harus ada space pada bangunan itu. Karena di pinggir kali,” terang Imron, Senin (21/01/19).

Menindaklanjuti hal itu, Imron mengaku telah bersurat kepada developer untuk dimintai keterangannya terkait ijin pembangunan lapangan basket. Imron menyebut, longsor tersebut disebabkan karena pelanggaran pembangunan.

“Ada pelanggaran pembangunan. Surat sudah kami kirim ke pihak developer apartemen hari ini. Pemanggilan untuk mempertanyakan ijin. Jadi bukan karena intensitas kali,” tegasnya.

Ketua RW 02 Rawa Buaya, Suntama, mengatakan, peristiwa longsor terjadi pada Sabtu (19/01/19) sekira pukul 19.00 WIB. Ia pun menuturkan, kali Bojong merupakan saluran penghubung menuju Kali Mookervart yang berada di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat. Ia juga berharap, proses evakuasi material bisa secepatnya dilakukan mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Ya saya sih maunya diangkut secepatnya biar air bisa ngalir normal lagi. Kalau ketimbun runtuhan itu kan air enggak bisa ngalir, nanti kalau hujan takutnya jadi banjir,” tuturnya.

Dikatakan Suntama, pihak apartemen memang acuh dengan lingkungan sekitar. Padahal satu minggu sebelum longsor, kondisinya sudah terlihat retak-retak. Ia berharap, adanya kejadian ini membuat pihak pengelola Apartemen Vittoria mau menjalin hubungan baik dengan para pengurus dan warga sekitar di RW 02 Rawa Buaya.

“Karena menurut informasi yang saya terima, sebelumnya sudah ada keretakan di sana dan sudah diberitahu ke pengembang namun tidak ada respon hingga terjadi longsor,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Mulyono (45), warga RW 02, meminta kepada pihak pengelola apartemen untuk secepatnya bertanggungjawab. Ia tidak mau adanya timbunan material di Kali Bojong yang disebabkan longsornya lapangan basket itu justru nantinya merugikan warga setempat.

“Pihak apartemen harus secepatnya bertanggungjawab. Jangan gara-gara dia yang bangun di pinggir kali, malah kita nih warga sekitar yang jadi korban,” cetusnya.

Pantauan di lokasi, material longsor seperti tanah, reruntuhan tembok hingga aspal telah menutupi Kali Bojong. Sementara itu, tiang beai dan kawat yang merupakan penutup lapangan kondisinya saat ini sudah bengkok. Sebuah alat berat sudah dikerahkan ke lokasi untuk mengangkut material longsor dari Kali Bojong untuk dipindahkan ke lahan kosong di kawasan apartemen.

“Belum dikeruk semua. Baru pinggirannya aja,” kata Mulyono.

Sementara, dari pihak pengembang apartemen enggan berkomentar terkait kejadian longsor ini. Bahkan, mereka langsung memanggil petugas keamanan untuk mengusir awak media keluar dari lokasi longsor.

“Siapa yang suruh ke sini? Ini sudah kita kerjain kok, kita beresin semua. Kemarin perwakilan dari pemerintah juga sudah ke sini untuk meninjau langsung, jadi akan kita bereskan,” kata seseorang pengembang apartemen Vittoria. fp02/fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments