Jumat, Juni 18, 2021
BerandaBawaslu Kubar Setuju Penambahan Anggota PPK
Array

Bawaslu Kubar Setuju Penambahan Anggota PPK

Kutai Barat, faktapers.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur mengakui sangat setuju dengan penambahan anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) yang semula tiga orang, namun berdasarkan surat edaran KPU RI tanggal 5 November 2018 hasil keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31 PU, anggota PPK di kabupaten/kota ditambah menjadi total 5 orang.

“Sebagai pengawas pemilu, Bawaslu melihat beban kerja PPK luar biasa berat dalam pelaksanaan tahapan pemilu serentak 2019 ini. Sehingga kami sangat setuju KPU melakukan penambahan anggota PPK,” jelas Ketua Bawaslu Kubar, Risma Dewi kepada Harian Fakta dan faktapers.id di Sendawar, Rabu (2/1).

Dia juga menegaskan, dengan lima anggota PPK diharapkan beban kerja penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan bisa terakomodir dengan baik. Menurut Risma Dewi, pelaksanaan pemilu terberat terlihat dalam Pemilu 2019 secara serentak, yakni pilpres serta pileg DPR, DPD, dan DPRD kabupaten/kota yang dilaksanakan secara bersamaan pada hari yang sama.

Ketua Bawaslu Kubar, Risma Dewi

“Terutama kondisi kesehatan fisik oknum penyelenggara, sehingga Bawaslu sering mengingatkan agar KPU hingga PPK dan PPS untuk selalu melakukan koordinasi dan komunikasi,” bebernya.

Kepada Pengawas Pemilu kecamatan juga dia berharap agar mengaktifkan komunikasi dengan PPK. Yaitu dengan sistem cegah, awasi, dan tindak, sehingga Pemilu 2019 akan menghasilkan pemilu yang demokratis.

“Bawaslu Kubar memiliki planning bersama-sama dengan Panwascam dan PPK untuk melakukan sosialisasi dimasyarakat secara kontinyu hingga saat pungut hitung untuk mengurangi resiko kesalahan yang terjadi dalam pemilu. Yakni sebagai evaluasi pada Pilkada lalu,” tukasnya.

Untuk diketahui, Pada Rabu (2/1) lalu KPU Kubar secara resmi telah melantik sebanyak 32 anggota PPK 16 kecamatan se-Kubar untuk pemilu serentak 2019.

Ketua KPU Kubar Drs FX Irianto menegaskan, semula anggota PPK hanya tiga orang. Dengan adanya penambahan dua anggota baru, maka otomatis anggota PPK menjadi lima orang.

“Sesuai dengan surat edaran KPU RI tanggal 5 November 2018 hasil keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31 PU. Maka KPU kabupaten/kota harus melakukan rekrutman tambahan dua orang anggota baru PPK,” katanya.  iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments