Senin, Juni 14, 2021
BerandaBNN: Peredaran Narkoba Mulai Menyasar Lingkungan Sekolah
Array

BNN: Peredaran Narkoba Mulai Menyasar Lingkungan Sekolah

Kendari, faktapers.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota kendari, kini memproteksi jaringan penyalahgunaan narkoba, yang mulai menyasar pelajar di lingkungan sekolah.

Proteksi tersebut dilakukan dengan memberi edukasi akan bahaya narkoba dilingkungan sekolah, mengingat para pengedar, mulai menyasar pelajar untuk memperluas jaringan penyalahgunaan narkoba.

“Selama 2018, para pelajar di Kendari banyak ditemukan menggunakan beberapa jenis narkoba maupun zat adiktif lain, seperti Narkoba jenis baru tembakau Gorilla, lem fox, dan terakhir ditemukan penggunaan jamur kotoran sapi dan kerbau,” ungkap Kepala BNN Kota Kendari Murniati, Kamis (10/1/2019).

Murniati menambahkan, pelajar yang terlibat narkoba itu, kebanyakan berasal dari keluarga ekonomi menengah kebawah dan kurang mendapat pengawasan orang tua.

“Makanya, perang terhadap peredaran narkoba dilakukan secara menyeluruh disegala sektor dan lingkungan masyarakat termasuk sekolah. Narkoba juga tidak memandang status sosial, baik itu orang miskin atau kaya, orang tua atau anak-anak semuanya berpotensi terjebak peredaran dan penyalahgunaan narkotika,” paparnya.

Karenanya, perlunya peran aktif elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif melakukan kontrol sosial dan pengawasan terhadap peredaran jaringan gelap narkoba dilingkungannya. Sebab, melalui kepedulian dan peran aktif masyarakat maka peredaran gelap narkoba dapat diminimalisasi.

“Yang terpenting juga adalah peranan orang tua untuk menjaga anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam dunia hitam narkoba. Orang tua harus senantiasa melakukan kontrol dan pengawasan terhadap aktivitas anak-anak baik didalam maupun diluar rumah,” pesan Murniati.

Sementara itu, Psikolog Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari Chadijah D Selomoh juga mengungkapkan, keterlibatan pelajar dalam dunia narkoba sebagian besar dipengaruhi factor lingkungan pergaulan.

“Karena itu peran orang tua sangat penting untuk mengawasi putra – putrinya dalam berteman,” harap Chadijah D Selomoh. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments