Senin, Juni 21, 2021
BerandaCalon Relawan Demokrasi Ikuti Tes
Array

Calon Relawan Demokrasi Ikuti Tes

Kubar, faktapers.id – Secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar tes tertulis dan wawancara terhadap 67 peserta yang lolos dalam seleksi berkas sebagai pendaftar dalam rekrutman Relawan Demokrasi sebagai mitra KPU Kubar untuk membantu sosialisasi Pemilu Serentak 2019 di Kubar. 

“Awalnya ada 77 pelamar memasukan berkas, namun yang lolos dalam penelitian berkas administrasi hanya 67 orang. Setelah tes tertulis dan wawancara, dilakukan penelitian berkas guna mendapatkan 55 relawan demokrasi,” tutur Ketua KPU Kubar, FX Iranto kepada Harian Fakta dan faktapers.id, Senin(21/01/19) di Sendawar.

Menurutnya,  fungsi utama relawan demokrasi sebagai mitra KPU dalam mensosialisasikan pemahaman tentang pemilu sekaligus mendorong kesadaran serta peran serta masyarakat untuk terlibat aktif dalam penyelenggaraan pemilu 2019. 

“Utama untuk meningkatkan partisipasi pemilih, mengurangi golongan putih (Golput). Selanjutnya 55 relawan demokrasi itu akan dilantik dan dibekali dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) tentang arti penting pemilu,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kubar, Johanes Nuel menjelaskan, bahwa relawan demokrasi nantinya akan membantu tugas KPU di 16 kecamatan se-Kubar. 

“Pengumuman nama 55 relawan demokrasi terpilih dilakukan pada tanggal 26 januari mendatang, kemudian pembekalan dan pelantikannya pada tanggal 28 hingga 29 Januari 2019,” ucapnya.

 

“Tugas utama 55 relawan demokrasi itu nantinya akan mensosalisasikan Pemilu Serentak 17 April mendatang kepada segmen (kelompok/bagian) dimasyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, perekrutan relawan demokrasi KPU Kubar  Pemilu Serentak 17 April 2019 berdasarkan, Surat Edaran KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/1/2019.

“Relawan demokrasidirekrut dari beragam segmen masyarakat. Baik dari lintas agama, disabiltias, profesional, pemilih pemula, warga nett, kaum mileneal 

“Relawan demokrasi adalah orang-orang yang sesuai segmennya. Misalnya untuk pemilih pemula, direkrut dari warga masyarakat pemilih pemula juga, sehingga sosialisasinya bisa tersambung dan tepat sasaran,” ujarnya.

Disebutkannya, bahwa relawan demokrasi punya tanggung jawab ke segmennya. 

“Sebelum bertugas, selama dua hari relawan demokrasi akan diberi pembekalan tata cara berkomunikasi, bersosialisasi, serta tata cara pemungutan dan penghitungan suara,” bebernya.

Perlu diketahui, seluruh tahapan sosialisasi Pemilu 2019 akan berakhir pada Maret mendatang. Memasuki April, KPU akan fokus pada penetapan serta distribusi logistik pemilu ke 190 kampung dan 4 kelurahan pada  16 kecamatan se-Kubar.iyd 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments