Kamis, Juni 24, 2021
BerandaDuta Pemuda Kubar akan Mengikuti JPD di Kota Bontang
Array

Duta Pemuda Kubar akan Mengikuti JPD di Kota Bontang

Kubar, faktapers.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar menggelar kegiatan seleksi calon peserta Jambore Pemuda Daerah (JPD) di Aula Dispora Kubar, Rabu (30/1/2019).

Ketua panitia pelaksana seleksi JPD Kubar, Sahrun menjelaskan pendaftaran sejak 15-28 Januari lalu, namun hingga akhir masa pendaftaran hanya ada 12 pendaftar, terdiri 7 putri dan 5 putra. Sedangkan yang hadir pada seleksi hanya 5 peserta terdiri 4 putri dan 1 putra.

“Dari 5 peserta, hanya 4 peserta yang lolos seleksi, terdiri 3 putri dan 1 putra. Kuota yang didapat Kubar yaitu 3 putra dan 3 putri. Selanjutnya akan diadakan seleksi kembali untuk mencari 2 putra,” katanya kepada wartawan, Kamis (31/1/2019) di Sendawar.

Sementara itu, Kepala Dispora Kubar Yulius Mimphin mengharapkan, agar para peserta yang lolos dan terpilih dalam seleksi JPD Kubar, selanjutnya diberangkatkan mengikuti JPD di objek wisata Lembah Hijau, Kota Bontang, selama sepekan sejak 3-7 maret mendatang. Dia menyebut seleksi JPD tersebut untuk melahirkan duta pemuda daerah yang tekun dalam bidang seni dan budaya lokal.

“Hendaknya peserta JPD Kubar yang telah lolos dapat mengharumkan nama daerah. Terus belajar dan semangat mengenalkan seni dan budaya serta objek wisata Kubar hingga ke internasional,” paparnya, sembari menyematkan selempang kepada para peserta yang lolos tersebut.

Kabid Layanan Kebudayaan Dispora Kubar, Alkatib, mengharapkan agar pemuda Kubar dapat mengalokasikan bakat, minat, serta berinteraksi dengan seni budaya dan kreatifitas lokal dan mampu berdialog antar suku, golongan, agama dan kelompok yang berbeda.

“Peran pemuda sangat penting. Jika berminat dalam bidang seni dan budaya, maka dapat mempromosikan budaya dan produk lokal keluar daerah. Termasuk seni keterampilan serta kuliner khas Kubar,” tukasnya.

Perlu diketahui, para peserta yang berhasil lolos dalam seleksi awal JPD oleh Dispora Kubar tersebut diantaranya, Rival Sopiandi (20), Orva Yulia (20), Siti Rahmi (18), dan Lilis Sari (20). Seleksi terdiri tes tertulis, wawancara, dan unjuk bakat. Empat juri yang menyeleksi yakni, Jemmy Yulian Mulu sebagai juri 1 (wawasan kebangsaan), juri 2 Hendrika (seni dan budaya), Lorensius Leonaraguna selaku juri 3 (bahasa Inggris) dan juri 4 Cristiani Talent Show serta Maesa Imani Hutomo (selaku tim kesehatan). iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments