Senin, Juni 14, 2021
BerandaGundukan Pasir Limbah B3 Dipasangi Papan Peringatan
Array

Gundukan Pasir Limbah B3 Dipasangi Papan Peringatan

Jakarta, faktapers.id – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memagari dan memasang papan peringatan di empat lokasi temuan gundukan yang diduga limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) di Marunda, Jakarta Utara, Rabu (9/1).

Kepala Bidang Pengawasan dan Penataan Hukum Dinas LH DKI Jakarta Mudarisin menyatakan, bahwa pihaknya telah memasang papan peringatan di empat titik gundukan tanah yang diduga limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). warga dilarang mengambil atau memindahkan bahan diduga limbah yang bentuknya mirip dengan pasir itu.

Empat titik tersebut berada di Jalan Marunda Pulo depan SDN Marunda 02 Pagi, Jalan Akses Rusun Marunda, Rusun Marunda Cluster A, serta Rusun Marunda Cluster B.

Mudarisin di Jakarta, Rabu, mengatakan pemasangan papan peringatan itu untuk mencegah warga menggunakan material yang sedang diselidiki tersebut.

Pada hari ini baru kita amankan agar barang ini tidak lari kemana-mana, ujar Mudarisin.

Papan peringatan itu berisikan larangan melakukan aktivitas/pemindahan limbah dengan ancaman pidana sesuai pasal 103 UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan PP 101 tahun 2014.

“Ancaman hukuman maksimal tiga tahun penjara dan denda maksimal tiga miliar,” kata Mudarisin.

Mudarisin menambahkan bahwa tumpukan limbah tersebut diduga berjenis Spent Bleaching Earth (SBE) yang merupakan limbah dari proses pengolahan minyak goreng.

Kalo secara visual sih memang susah membedakannya ya antara pasir tanah SBE. Tetapi kalau dilihat dari bau, kan bau minyak goreng ya. Kemudian pernah juga terjadi kebakaran. Jadi, artinya itu potensi itu adalah SBE, tambahnya. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments