oleh

HBKB Jakarta Selatan Berubah Jadwal

Jakarta, faktapers.id – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day Kota Jakarta Selatan yang diselenggarakan di sepanjang jalan Mampang Prapatan Raya sampai Jalan Warung Jati Barat, simpang Pejaten Village, Warung Buncit akan berubah jadwal di 2019, yakni dilaksanakan di minggu pertama tiap bulannya.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, biasanya Pemerintah Kota Jakarta Selatan menyelenggarakan HBKB di minggu ketiga.

“Jadi di bulan Januari tahun 2019 nanti ketemunya di tanggal 6 Januari. Waktunya sama hanya pelaksanaanya saja berubah,” kata Marullah, sabtu (5/1).

Menurut Marullah, perubahan jadwal HBKB ini didasari oleh Instruksi Gubernur DKI Jakarta yang mengarahkan seluruh wilayah di Jakarta melaksanakan HBKB di minggu pertama.

mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB. Selama HBKB berlangsung, sepanjang Jalan Mampang Prapatan – Jalan Warung Jati Barat ditutup untuk kendaraan bermotor, sehingga pengendara dari arah Kuningan menuju Ragunan akan dialihkan ke Jalan Duren Tiga – Jalan Raya Pasar Minggu – Jalan Raya Ragunan. Sementara itu, kendaraan dari arah Ragunan menuju Kuningan akan dialihkan ke Pejaten Barat – Jalan Kemang Selatan – Jalan Kemang Raya – Jalan Bangka Raya – Jalan Kapten Tendean.

Rekayasa lalu lintas juga berlaku untuk angkutan umum, khususnya Metro Mini S75 rute Blok M – Pasar Minggu. Metro Mini S75 yang menuju Jalan Mampang Prapatan dari Jalan Kapten Tendean akan dialihkan ke Jalan Duren Tiga – Jalan Raya Pasar Minggu – Pasar Minggu.

Penerapan rekayasa lalu lintas berlaku untuk seluruh pengendara, kecuali bagi mereka yang tengah dalam kondisi darurat mengantar orang sakit. Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengubah waktu pelaksanaan HBKB pada 2019 yang mulanya diterapkan pada minggu ketiga menjadi pekan pertama tiap bulan.

Artinya, HBKB pertama di Jakarta Selatan pada tahun ini akan jatuh pada 6 Januari. rwd

Komentar

News Feed