Jumat, Juni 18, 2021
BerandaHeboh, Kakek Mateh Menghilang
Array

Heboh, Kakek Mateh Menghilang

Kutai Barat, faktapers.id – Masyarakat Kampung Juhan Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sejak Jumat (4/1) lalu dihebohkan dengan menghilangnya seorang kakek bernama Mateh (70) dari kediamannya di Jalan Poros RT 01 Kampung Juhan Asa.

Hingga berita ini diturunkan, kakek yang kesehariannya merupakan petani itu, sudah dua hari dua malam belum kembali kerumah dan belum ditemukan.

Harian Fakta dan faktapers.id mengonfirmasi hal itu pada Minggu (6/1) malam ke Polres Kubar. Namun pihak Polres Kubar menyatakan belum ada menerima laporan orang hilang dari Kampung Juhan Asa.


“Sementara ini belum ada laporan yang kami terima terkait orang hilang di Kampung Juhan Asa,” tulis Kabag Operasional Polres Kubar, Kompol Sarman SH dalam pesan WhatsApp (WA) kepada harian ini.

Pemerintah Kampung Juhan Asa bersama Dinas Sosial Kubar, telah turun kelapangan melakukan pencarian berbaur bersama masyarakat, namun upaya itu belum membuahkan hasil.


“Pemerintah Kampung Juhan Asa bersama masyarakat selama dua hari melakukan pencarian menelusuri hutan sekitar dan jalan poros tersebut sekitar sejauh 4 kilo meter. Tetapi kakek itu belum berhasil ditemukan. Bahkan dilakukan upaya meminta bantuan orang pintar (dukun). Tiga orang dukun menyatakan bahwa kakek Mateh disembunyikan oleh makhluk gaib disekitar kampung ini,” terang Hadi, Juru Tulis Kampung Juhan Asa.

Ketua Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) Juhan Asa, Senius, juga mengakui upaya pemerintah kampung telah maksimal.

Memasuki hari ke-3, beragam upaya dilakukan bersama masyarakat , tetapi kakek Mateh yang sudah lanjut usia (Lansia) dan keterbatasan fisik itu belum juga ditemukan.

“Terima kasih kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kubar terutama Tim Tagana Kubar yang tanggap langsung turun kelapangan membantu pencarian. Kami sangat memerlukan bantuan Pemkab Kubar,” urainya.


Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Kabid Linjamsos) Dinsos Kubar, Wilhelmus yang memimpin langsung Tim Tagana Kubar dalam pencarian bersama masyarakat menyebut pihaknya akan terus melakukan pencarian hingga kakek Mateh (70) ditemukan.

“Pencarian akan dilanjutkan Senin (7/1) pagi. Saya berharap dari Tagana Kubar untuk turun kelapangan bersama masyarakat melakukan pencarian. Kami mengharapkan dari pihak SAR untuk bisa turun membantu dalam pencarian ini,” bebernya.

Begitu pula Asisten III Setkab Kubar, Asrani yang juga berada dilapangan dalam pencarian itu. Dia mengungkapkan pencarian akan terus dilanjutkan hingga kakek Mateh bisa ditemukan.

“Koordinasi dengan semua pihak akan terus dilakukan, termasuk dengan Polres dan Kodim 0912 Kubar. Terima kasih kepada Dinsos Kubar khususnya Tim Tagana yang berperan aktif membantu masyarakat dalam pencarian orang hilang ini,” singkatnya.

Salah seorang anak kandung kakek Mateh, Supri (29), kepada media mengungkapkan bahwa kronologi menghilangnya ayah mereka tersebut adalah pada Jumat (4/1) pagi lalu. Dia menyebut karena sudah lansia, keterbatasan fisik ayahnya tidak mungkin bisa berjalan jauh dari rumah mereka.

“Saat kami bangun pagi bapak saya sudah tidak. Biasanya kalau malam bapak sering tidur tidak pake baju. Ciri-cirinya berpostur tubuh kurus tinggi dan berjanggut serta rambut putih,” katanya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments