Jumat, Juli 30, 2021
BerandaKajari Kubar Janji Tuntaskan Kasus Periode 2018
Array

Kajari Kubar Janji Tuntaskan Kasus Periode 2018

Kutai Barat, faktapers.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), menyatakan akan komitmen dengan sejumlah kasus yang selama ini telah ditangani pihaknya didua kabupaten, yakni di Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu). Kepala Kejari Kubar, Syarief Sulaeman Nahdi SH MH mengatakan sejumlah kasus yang kini telah masuk dalam penyelidikan dan penyidikan Kejari Kubar, akan dituntaskan dalam waktu dekat.

“Sejumlah kasus yang ditangani Kejari Kubar selama 2018 dan ada yang belum tuntas, kami pastikan akan bisa tuntas dalam waktu secepatnya tahun ini,” jelas Syarief Sulaeman Nahdi kepada Harian Fakta Pers dan Faktapers.id diruang kerjanya, Senin (7/1).

Kajari menyebut sejumlah kasus yang belum tuntas diantaranya dugaan korupsi di KPU Mahulu pada tahun anggaran 2015/2016, kemudian dugaan korupsi Perusda Witeltram Kubar, semua kasus tersebut saat ini telah masuk ke PN Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kaltim di Samarinda.

“Iya semua kasus itu akan tuntas dalam beberapa waktu kedepan. Untuk kasus dugaan korupsi KPU Mahulu sebesar Rp 30 miliar, saat ini masih dalam penghitungan oleh Inspektorat Pusat. Semua akan tuntas dengan waktu yang tepat,” tambahnya lagi.

Syarief Sulaeman Nahdi mengungkapkan, dalam bidang pidana, kejaksaan memiliki tugas wewenang melakukan penuntutan, melaksanakan penetapan dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Juga melakukan pengawasan dan pelaksanaan putusan pidana bersyarat, melaksanakan penyidikan pada tindak pidana tertentu berdasarkan UU.

“Serta melengkapi berkas perkara tertentu dan melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dilimpahkan ke pengadilan yang dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan penyidik,” bebernya.

Untuk diketahui, dalam bidang perdata dan tata usaha negara, kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak didalam ataupun diluar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah. Dalam bidang ketertiban dan ketentraman umum, kejaksaan turut menyelenggarakan peningkatan kesadaran masyarakat, pengamanan kebijakan penegakan hukum, pengamanan peredaran barang cetak, serta pengawasan aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara. Pencegahan penyalahgunaan dan atau penodaan agama, serta penelitian dan pengembangan hukum statistik kriminal. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments