Jumat, Juni 25, 2021
BerandaKPU Kubar Rekrut 55 Relawan Demokrasi dari Berbagai Elemen Masyarakat
Array

KPU Kubar Rekrut 55 Relawan Demokrasi dari Berbagai Elemen Masyarakat

Kubar, faktapers.id – Salah satu tahapan dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 yang saat ini sedang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim), adalah perekrutan relawan demokrasi dari seluruh elemen masyarakat se-Kubar.

“Sebanyak 55 relawan demokrasi yang akan direkrut itu, nantinya akan bertugas mensosalisasikan Pemilu Serentak 17 April mendatang kepada segmen (kelompok/bagian) dimasyarakat,” kata Ketua KPU Kubar, Drs FX Irianto kepada Harian Fakta dan faktapers.id, Selasa (15/1) di ruang kerjanya.

Dia membeberkan, perekrutan relawan demokrasi itu berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/1/2019. Untuk itu, relawan demokrasi KPU Kubar akan direkrut dari beragam segmen masyarakat. Baik dari lintas agama, disabiltias, profesional, pemilih pemula, warga nett, dan segmen lainnya.

“Yang direkrut menjadi relawan demokrasi itu adalah orang-orang yang sesuai segmennya. Misalnya untuk pemilih pemula, direkrut dari warga masyarakat pemilih pemula juga, sehingga sosialisasinya bisa tersambung dan tepat sasaran,” ujarnya.

Irianto menambahkan, relawan demokrasi akan ditetapkan pada 28 Januari mendatang. Sebelum melakukan sosialisasi tentang pentingnya pemilu serentak 2019, para relawan akan diberi pembekalan selama dua hari oleh KPU Kubar.

“Setiap relawan demokrasi punya tanggung jawab ke segmennya. Sebelum bertugas, selama dua hari relawan demokrasi akan diberi pembekalan tata cara berkomunikasi, bersosialisasi, serta tata cara pemungutan dan penghitungan suara,” bebernya.

FX Irianto menyebut, untuk seluruh tahapan sosialisasi Pemilu 2019 akan berakhir pada Maret mendatang. Memasuki April, KPU akan fokus pada penetapan serta distribusi logistik pemilu ke 190 kampung dan 4 kelurahan pada 16 kecamatan se-Kubar.

“Kami berharap agar 55 relawan demokrasi KPU Kubar itu nantinya bisa mensosialisasikan serta mengedukasikan Pemilu Serentak 2019 dengan baik ke masyarakat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, relawan demokrasi sebagai mitra KPU akan berperan memberikan pemahaman tentang pemilu sekaligus mendorong kesadaran serta peran serta masyarakat untuk terlibat aktif dalam penyelenggaraan pemilu 2019. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments