Selasa, Juni 22, 2021
BerandaMasyarakat Kubar Kaget, RSUD HIS Akan Berlakukan Parkir Berbayar
Array

Masyarakat Kubar Kaget, RSUD HIS Akan Berlakukan Parkir Berbayar

Kutai Barat, faktapers.id – Masyarakat 16 kecamatan di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim), saat ini dikejutkan dengan surat edaran yang ditandatangani Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD-HIS) tentang Sosialisasi Pengelolaan Parkir RSUD HIS.

Selain itu juga di media sosial (facebook) terutama di Grup Keluhan & Saran Warga Kubar & Kaltim, menuai beragam pro-kontra tanggapan masyarakat terkait surat edaran parkir berbayar tersebut. Masyarakat mengatakan, seharusnya dilakukan sosialisasi terbuka oleh Pemkab Kubar, bukan hanya melalui surat edaran yang tak semua masyarakat mengetahuinya.

“Masa orang tunggu pasien koq pake uang parkir, ga bisakah seperti Surabaya ambulan saja gratis, inikan pelayanan publik gak baik serba bayar semua,”tulis salah satu akun di grup itu.
“Berarti dalam keadaan daruratpun, harus siap-siap uang disaku,” tulis akun FB lainnya masih grup tersebut.

Sejumlah warga Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar yang dikonfirmasi langsung oleh Harian Fakta dan faktapers.id , mengaku kaget dengan surat edaran direktur RSUD HIS terkait parkir rumah sakit berpelat merah tersebut akan segera berbayar. Karena menurut mereka, sejak resmi beroperasi pada 14 Agustus 2003 silam hingga tahun lalu, belum pernah dilakukan parkir berbayar bagi masyarakat yang berkunjung ke rumah sakit itu.

“Kami sebenarnya tidak keberatan jika Pemkab Kubar langsung yang melakukan sosialisasi. Karena sejumlah rumah sakit pemerintah di Indonesia ini juga parkir berbayar,” beber Mikael (40) warga Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok.

Puluhan tanggapan pro-kontra masyarakat disampaikan kepada harian ini, semuanya mengatakan kaget dengan edaran itu. Namun mereka menyatakan jika memang peraturan pemerintah dan memiliki payung hukum yang sah, maka semua masyarakat wajib menerima.

“Seharusnya dilakukan sosialisasi terbuka dengan waktu maksimal tiga bulan sebelum diberlakukan parkir berbayar itu,” beber Jainuddin (47) warga Kelurahan Barong Tongkok, mewakili puluhan warga lainnya.

Sementara itu, Direktur RSUD HIS, dr Bambang Setyo Basuki kepada harian ini menegaskan, bahwa surat edaran Nomor 445-973/3068/TU-XII/2018 tertanggal 26 Desember 2018 yang ditandatanganinya adalah benar sebagai sosialisasi pengelolaan parkir berbayar di RSUD HIS.

Direktur RSUD HIS, dr Bambang Setyo Basuki

“Sebelum dikeluarkan surat edaran itu, RSUD HIS sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah stakeholder, Bapenda, Dishub, serta rekanan sebagai pengelola parkir berbayar,” bebernya diruang kerjanya kepada Harian Fakta dan faktapers.id, Kamis (3/1) pagi.

“Sebenarnya parkir berbayar di area RSUD HIS akan diberlakukan sejak 1 Januari 2019, tetapi sosialisasi masih kami perpanjang. Yaitu melalui surat edaran hingga ke camat, dan juga kepala puskesmas se-Kubar agar disampaikan ke masyarakat luas,” tambah Bambang.

Bambang menjelaskan, dasar hukum pemberlakuan parkir berbayar di RSUD HIS sesuai Perda Kubar Nomor 33/2013 tentang perubahan atas Perda Kubar Nomor 10/2010 tentang pajak daerah. Juga Perbup Kubar Nomor 56/2009 tentang pola tatakelola RSUD HIS badan layanan umum daerah. Termasuk Perbup Kubar Nomor 067.445/K.1027/2009 tentang PP-BLUD dengan status penuh RSUD HIS.

“RSUD HIS telah melakukan kesepakatan dan perjanjian kerjasama sebagai rekanan dalam pengelolaan parkir berbayar tersebut adalah CV Mulia Jaya Reski (MJR Parking) yang beralamat di Kota Samarinda,” tandasnya.

Untuk diketahui, Rencana besaran tarif parkir berbayar dalam area RSUD HIS itu besarannya yakni untuk kendaraan mobil (satu jam pertama) Rp3 ribu, selanjutnya jam berikutnya ditambah Rp1 ribu maksimal Rp5 ribu. Kemudian untuk sepeda motor 1 jam pertama Rp2 ribu selanjutnya jam berikutnya ditambah Rp1 ribu maksimal Rp3 ribu. Sedangkan untuk mobil box/truk satu jam pertama Rp3 ribu selanjutnya jam berikutnya ditambah Rp2 ribu maksimal Rp2 ribu. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments