Selasa, Juni 15, 2021
BerandaNampak Video Busa Putih Nutupi Kali Item Sunter di Instagram, Jadi Perhatian...
Array

Nampak Video Busa Putih Nutupi Kali Item Sunter di Instagram, Jadi Perhatian Masyarakat

Jakarta, faktapers.id – Video busa putih menutupi permukaan air di Kali Item, Sunter, Jakarta Utara, yang nampak beredar di Instagram jktinfo menjadi perhatian masyarakat yang melihatnya. Pasalnya, video yang beredar tersebut terlihat sangat merusak pemandangan pada Kali.

Keterangan yang dihimpun faktapers.id, busa tersebut disebabkan oleh pompa yang beroperasi dari dari Waduk Sunter Selatan 1 dibuang ke Kali Sentiong. Sehingga, ini pun dirasa wajar olehnya.

“Kalau pompanya jalan jadi kaya gerobokan itu kan. Itu yang bikin berbusa. Jadi kalau pompa sudah selesai berjalan ya sudah kembali seperti semula,” jelas Kasatpel UPK Badan Air Jakarta Utara Lambas Sigalingging, Selasa (01/01/19).

Selain itu, Lambas juga menyebutkan bahwa hal ini sudah biasa terjadi di Waduk Sunter Selatan karena biasanya waduk adalah tempat penampungan. Sehingga, kalau melebihi kapasitas penampungannya harus dilakukan penyedotan dan dibuang ke Kali Sentiong.

“Itu sama seperti yang terjadi di Kali BKT, kalaupun ada angin dia tidak pecah. Kalau gerojokannya itu sudah kecil artinya limpahan air dari atas sudah berkurang, ya sudah kembali normal,” ucapnya.

Maka dari itu, pihaknya hanya dapat menunggu pompa berhenti beroperasi, sebab jika berhenti maka busa pun dapat hilang. Menurutnya ini bukanlah hal yang harus dibesar-besarkan karena sudah biasa terjadi.

“Kalau itu berhenti pompa, busanyajuga berhenti sendiri. Jadi memang nunggu pompa selesai baru nanti busanya hilang sendiri. Nggak perlu lah (penanganan khusus) karena saya rasa memang nggak mengganggu,” tuturnya. fp02

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments