Rabu, Juni 23, 2021
BerandaPersiapan Hadapi UAMBN-BK dan UNBK 2019, Kemenag Kubar Beri Pelatihan Proktor dan...
Array

Persiapan Hadapi UAMBN-BK dan UNBK 2019, Kemenag Kubar Beri Pelatihan Proktor dan Teknisi

Kubar, faktapers.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur secara resmi membuka pelatihan bagi Proktor (pengawas/pengontrol) dan Teknisi Komputer menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018/2019.

Kepala Kantor Kemenag Kubar, HM Isnaini, menegaskan bahwa kegiatan itu untuk mempersiapkan agar pelaksanaan UAMBN-BK dan UNBK dapat berjalan dengan baik bagi madrasah se-Kubar.

“Sebanyak 9 madrasah dilingkup Kantor Kemenag Kubar mengikuti pelatihan bagi proktor dan teknisi ini. Ada 7 madrasah akan melaksanakan secara mandiri, serta dua madrasah bergabung dengan madrasah lain di Kubar,” bebernya di Gedung MAN Kubar di Melak, Sendawar, Selasa (15/1).

HM Isnani yang didampingi Kasi Pendidikan Islam H Ardiansyah bersama Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kubar H Mohammad Yahya mengungkapkan, pada 2019 ini tercatat jumlah total siswa madrasah se-Kubar yang akan mengikuti UAMBN-BK dan UNBK sebanyak 295 orang. Dari jumlah itu, terbanyak adalah dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kubar 100 siswa.

“Dengan jumlah sebanyak itu akan dibagi dalam beberapa sesi saat pelaksanaan ujian. Karena jumlah peralatan komputer yang dimiliki madrasah masih terbatas,” tuturnya.

Lebih jauh HM Isnaini menuturkan, ujian berbasis komputer merupakan program pemerintah terkini dan harus dilaksanakan sesuai tuntutan zaman. Menurutnya, kelebihan penggunaan sistem ini menghemat anggaran dibanding pelaksanaan ujian berbasis kertas pensil.

“Kedepan pemerintah akan menghapus pelaksanaan UNKP (ujian nasional berbasis kertas dan pensil) agar lebih efisien,” tandasnya.

Untuk diketahui, pelatihan bagi proktor dan teknisi selama sehari ini dibimbing oleh Umi Salamah yang merupakan proktor berpengalaman bersama Estu, selaku teknisi komputer. Kedua pemateri tersebut membagikan ilmunya pada seluruh peserta, guna memecahkan persoalan terkait teknis ujian dengan basis komputer. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments