Senin, Juni 21, 2021
BerandaPresiden: Tidak Ada Huntara, Langsung Dibangun Rumah
Array

Presiden: Tidak Ada Huntara, Langsung Dibangun Rumah

Lampung, faktapers.id – Presiden Joko Widodo meninjau daerah terdampak tsunami Selat Sunda, di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang.

Ia memerintahkan penanganan pasca bencana tsunami dengan baik. “Saya sudah sampaikan ke Bupati Lampung Selatan, Gubernur, Menteri PUPR, dan ke BNPB agar segera dilakukan penanganan, terutama setelah evakuasi selesai,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan.

Sementara terkait permintaan warga yang terkena dampak tsunami agar rumah mereka segera dibangun, Presiden mengatakan segera melakukannya. “Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara (huntara). Jadi, langsung akan dibangun rumah, direlokasi karena di sini memang sangat rawan tsunami,” tegasnya.

Menurut Kepala Negara, lokasi rumah yang akan dibangun untuk warga terdampak tsunami di Desa Wai Muli yang jaraknya sekitar 400 meter dari lokasi yang dihuni warga saat ini. “Ada tanah 2 hektar di sana, karena lokasi di sini rawan tsunami,” katanya.

Jokowi mengatakan perlunya penataan ruang di tempat rawan bencana. Hal ini terkait untuk masa depan yang masih panjang, “Tak hanya untuk 5 tahun ke depan, 10 tahun ke depan, tapi kita bicara untuk 20,30 dan 50 tahun ke depan,” ujarnya.

Setelah pembangunan rumah, sambungnya, akan dilakukan pembangunan Puskesmas. Tercatat tsunami meyebabkan 403 bangunan rusak berat dan 38 ba gunan lainnya rusak sedang di Kecamatan Rajabasa.fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments