Jumat, Juli 30, 2021
BerandaRencana Penambahan Armada Penerbangan Bandara Melalan Sendawar
Array

Rencana Penambahan Armada Penerbangan Bandara Melalan Sendawar

Kubar, faktapers.id – Kondisi Bandar Udara (Bandara) Melalan Sendawar, Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini mendesak untuk penambahan armada (pesawat) penerbangan komersil.

Hal itu diakui oleh Kepala Unit Pengelola Bandara Umum (UPBU) Melalan Sendawar, Sumariyanto, bahwa setiap hari pasti ada waiting list (daftar tunggu) penumpang di bandara itu.


“Setiap hari ada waiting list. Jadi kalau ada rencana berangkat keluar daerah mengikuti penerbangan di Bandara Melalan, maka tiga hari sebelumnya harus memesan tiket,” katanya kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (9/1).

Menurutnya, saat ini armada yang melayani penerbangan di bandara itu hanya milik maskapai Xpress Air. Sumariyanto mengatakan lonjakan penumpang tersebut sebanding dengan peningkatan fasilitas bandara.

“Terutama landasan pacu telah diperpanjang, terminal baru dan penataan dilingkungan bandara. Armada Xpress Air beroperasi lancar dan masih tetap melayani rute Sendawar-Balikpapan serta Sendawar-Samarinda pergi dan pulang (PP),” ungkapnya.

Dipaparkannya, selain itu, ada satu armada penerbangan yang juga beroperasi di Bandara Melalan Sendawar. Yakni maskapai milik AirFast merupakan penerbangan carter, sesuai schedule yang diperlukan pencarter.

“Lonjakan penumpang di Bandara Melalan terbilang masih stabil. Namun, penerbangan XpressAir kerap terdapat daftar tunggu calon penumpang. Hal itu mengindikasikan penerbangan dari dan ke Bandara Melalan Sendawar sangat dibutuhkan warga,” paparnya.

Sumariyanto membeberkan, data terakhir, untuk semua penerbangan dan rute hampir 4.000 penumpang yang tercatat setiap bulan di bandara itu. Sebelumnya, ada rencana melakukan penerbangan malam hari, tetapi saat ini masih mengoptimalkan penerbangan siang.

“Sesuai status bandara ini adalah bandara pengumpan untuk mengantar pada bandara pengumpul. Kemudian penumpang dapat mencari alternatif penerbangan lanjutan pada bandara pengumpul, rata-rata tersedia pada siang hari. Contohnya Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan,” tambahnya.

“Rencana untuk menambah armada penerbangan, saat ini kami masih berkoordinasi dengan berbagai pihak. Sementara, kami akan optimalkan pelayanan masyarakat dengan armada milik maskapai Express Air,” tandasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments