oleh

Sukses, Christmas Fun Race di Sirkuit Lanay Jaya

Kutai Barat,  faktapers.id – Sirkuit balap motor permanen Lanay Jaya, Kecamatan Linggang Bigung, Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim), hingar selama dua hari sejak 31 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019 oleh pebalap lokal Kubar maupun pebalap dari sembilan kabupaten/kota lainnya se-Kaltim.

Yakni, even Fun Race memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah itu, digelar dalam rangka menyambut Natal 2018 dan tahun baru 2019 oleh panitia Christmas Fun Race 2018/2019 Kubar yang bertajuk Fun Race Kontes Motor Modifikasi IRC Tire Championship.

“Untuk menyalurkan hobi balap motor generasi muda, agar tidak ugal-ugalan dijalan raya saat menyambut tahun,” kata Ketua Harian Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kaltim, Ekti Imanuel SH dalam keterangan pers, usai acara itu Selasa (1/1) petang di Linggang Bigung.

Ditambahkannya, fun race itu juga sebagai ajang uji coba, persiapan Kubar sebagai tuan rumah pada kejuaraan nasional (Kejurnas) Seri Pertama Region Kalimantan di Sirkuit Lanay Jaya Kubar yang akan berlangsung pada 17 Maret mendatang.

“Untuk melihat kesiapan seluruh pihak di Kubar sebagai tuan rumah kejurnas. IMI Kaltim berharap melalui fun race itu menghasilkan pebalap pemula atau junior guna mengharumkan nama Kubar dan Kaltim,” kata Ekti Imanuel.
Ekti menegaskan, melalui fun race itu juga membangkitkan ekonomi kerakyatan para ukm dan UMKM yang berdagang disekeliling Sirkuit Lanay Jaya. Bahkan unik menurutnya, penyelenggaraan fun race tersebut tidak menggunakan anggaran hibah dari KONI maupun pemerintah.

“Secara profesional, melalui pembiayaan sponsor swasta. Diantaranya sponsor utama IRC Tire dalam sejumlah investor serta toko besar di Kubar. Ini adalah untuk mendidik generasi muda yang hobi otomotif agar kedepan dapat secara profesional melalui dukungan para investor yang ada didaerah se-Kaltim,” urainya.

Ekti juga mengungkapkan, selama enam tahun cabang olahraga (cabor) balap motor Kaltim selalu terbaik. Pada PON 2012 dan 2016 lalu ada 4 pebalap kaltim yang berhasil mengharumkan nama provinsi ini. Tiga atlet pebalap Kaltim itu adalah pebalap Kubar.

“Kubar setiap tahun di Region Kalimantan selalu juara umum. Pembinaan Cabor Balap Motor di Kubar berjalan baik. IMI Kaltim berharap agar pemerintah 10 kabupaten/kota se-Kaltim dapat mendukung kegiatan otomotif kedepan,” tandas Ekti Imanuel.
Untuk diketahui, Diantara yang menjadi pemenang dalam fun race itu yakni, pada kelas A matic 110 cc standar lokal Kubar juara I pebalap atas nama Abdul Hafid H (Tim pandawa).

Menyusul kelas B matic 110 cc dan kelas C 125 cc standar open Kaltim juara I atas nama Oyen (Tim Bharaduta). Pada kelas D bebek dua langkah 110 -116 cc standar open Kaltim juara I atas nama Safta Oscar (Tim BBJM). Pada kelas E bebek dua langkah 110 -116 cc standar open Kaltim juara I atas nama Meidi Adrianus (Tim BMS). Pada kelas F bebek dua langkah 110 -116 cc standar open Kubar juara I atas nama Charles Erwin (Tim BMS).

Kemudian pada kelas H sport 4 langkah 150 cc STDF Open Kaltim juara I atas nama Fransiskus Riski R (Tim Kracker), menyusul kelas I sport 4 langkah 150 cc STDF Open Kaltim juara I atas nama Arianto.

Selanjutnya pada kelas K supermoto 4 langkah 150 cc ST up open Kaltim juara I atas nama Yon Ganteng (Tim Nada Motor), dan kelas L supermoto 4 langkah 150- 200 cc Open Kaltim juara I atas nama Arianto (Tim Bharaduta).

Tak tanggung-tanggung adalah atas nama Ongki Kurniawan. Pebalap muda ini berhasil memborong juara I sekaligus pada empat kelas. Yaitu pada kelas J bebek 4 langkah 150 cc STD open Kaltim (Tim Alvin Serin), kelas M Bebek 2 langkah 110-125 cc STD TU Open Kaltim (Tim Agita Motor), kelas N Bebek 2 langkah 110-125 cc STD TU lokal Kubar (Tim Agita Motor), dan kelas O Bebek 4 langkah 125 cc TU Open Kaltim (MP2) tim Alvin Serin. iyd

Komentar

News Feed