Jumat, Juni 18, 2021
BerandaWhatsApp Makin Aman, Akan Punya Touch ID di Android
Array

WhatsApp Makin Aman, Akan Punya Touch ID di Android

Jakarta, faktapers.id – WhatsApp sedang menggarap mekanisme otentikasi menggunakan sidik jari untuk aplikasi WhatsApp di Android. Ini akan jadi salah satu fitur baru WhatsApp.

Fitur WhatsApp ini pertama kali ditemukan setelah WhatsApp merilis update WhatsApp for Android 2.19.3 untuk Beta Program di Google Play. Metode otentikasi terbaru ini akan memanfaatkan aplikasi pengunci perangkat pihak ketiga yang cukup populer bernama redundant. 

Opsi sidik jari ini akan ditaruh di tab Privacy, jika sudah akitf pengguna harus menempelkan jari yang sudah didaftarkan ke sensor di ponsel untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Jika ponsel tidak memiliki pemindai sidik jari, WhatsApp akan memberikan opsi lain sesuai dengan kemampuan perangkat tersebut.

Fitur baru ini, selain membutuhkan sensor sidik jari, akan berjalan minimal di Andorid Marshmallow.

Oktober lalu, WhatsApp berusaha memberi tambahan keamanan di aplikasi yang berjalan di platform iOS, pengguna akan bisa membuka WhatsApp lewat otentikasi Touch ID dan Face ID.

Sayangnya, belum jelas kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur keamanan terbaru ini, baik untuk iOS maupun Android.

Otentikasi menggunakan sidik jari untuk membuka aplikasi bukan barang baru, beberapa aplikasi sudah memberlakukannya untuk menjaga keamanan, terutama aplikasi yang berkaitan dengan finansial.

Di Indonesia, dompet digital Ovo menggunakan otentikasi sidik jari untuk ponsel-ponsel yang memiliki sensor pemindai sidik jari. rwd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments