Selasa, Juni 15, 2021
BerandaBaperda DPRD Lambar Targetkan 13 Ranperda Pada Tahun 2019
Array

Baperda DPRD Lambar Targetkan 13 Ranperda Pada Tahun 2019

Lampung Barat, faktapers.id – Dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat sesuai amanat Undang Undang Dasar (UUD) No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah (Pemda) diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyrakat menurut asas otonomi dalam sistem negara kesatuan Republik Indonesia.

Secara prinsip dan mendasar otonomi daerah juga memberikan kewenangan kepada DPRD untuk membentuk produk hukum daerah berupa Peraturan Daerah (Perda). Berkaitan dengan hal tersebut, pada tahun 2019 DPRD Lampung Barat melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) akan menggunakan hak konstitusionalnya dalam menjalankan salah satu fungsi DPRD yaitu fungsi Legislasi dengan menyusun Program Legislasi Daerah.

Mengingat peranan Peraturan Daerah yang demikian penting dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah, maka penyusunannya perlu diprogramkan, agar berbagai perangkat hukum yg diperlukan dalam rangka penyelenggaraan Otonomi Daerah dapat dibentuk secara sistematis, terarah dan terencana berdasarkan sekala prioritas yang jelas.

Ketua Baperda DPRD Lampung Barat Dadin Ahmadin S.Sos,I mengatakan bahwa Program Legislasi Daerah merupakan instrumen perencanaan program pembentukan Peraturan Daerah yang sangat penting dalam penyelengaraan roda pemerintahan.

“Prolegda ini dasar pijakan kita untuk melengkah dalam menjalankan roda pemerintahan, untuk itu harus disusun secara terencana, terpadu, dan sistematis,” terang Dadin.

Lebih lanjut Dadin mengatakan dalam menyusun Prolegda pihaknya selain mengakomodir usulan dari Pemerintah Daerah (Eksekutif) Baperda juga mengakomodir produk hukum yang lahir dari DPRD yaitu berupa perda inisiatif DPRD.

“Prolegda ini hasil dari kolaborasi atau penggabungan dari usulan pihak Eksekutif dan Legislatif,” kata Dadin.

Setelah melalui pengkajian dengan mengedepankan prioritas atas usulan dari Pemerintah Daerah dan DPRD Lampung Barat kata Dadin, untuk tahun 2019 Prolegda yang telah disahkan ada 13 Ranperda 11 Ranperda yang diajukan oleh pihak Eksekutif dan Dua Ranperda yang diajukan oleh pihak legislatif.

“Dengan disetujuinya 13 Ranperda ini diharapkan pihak legislatif dan eksekutif mampu bersinergi dalam menjalankan fungsinya masing-masing, sehingga mampu membawa Lampung Barat lebih baik lagi kedepan,” ujar Dadin. wwn

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments